Bukan Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Kena Anyang-Anyangan

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

“Kak, pernah ngerasain anyang-anyangan?”

“Pernah sih,”

“Pria juga kena anyang-anyangan?”


“Rasanya gimana?”

“Ada sakitnya juga,”

Sebelumnya, setahu saya 5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan. Saya pikir karena secara letak Miss V dan anus berdekatan menjadi alasan bakteri E-coli dengan mudah menginfeksi saluran kemih. Nyatanya, anyang-anyangan bisa terjadi pada siapa saja mulai dari anak kecil, wanita dewasa, ibu hamil, dan juga pria.

Jika anyang-anyangan terjadi pada pria, maka akan menimbulkan gejala nyeri pada anus. Gejala lain sama seperti yang terjadi pada wanita yaitu, perasaan tidak nyaman pada kemih, buang air sedikit dan terasa nyeri. Urine juga berbau menyengat, pekat, dan bisa juga mengandung darah. Saat parah, badan akan mudah lelah dan juga demam melanda.

Penyebab dari anyang-anyangan ini banyak sekali. Terutama E-coli tadi. Menahan buang air juga jadi sebab. Bukan urinenya yang berbakteri, tapi akibat menahan itu membuat bakteri datang lalu berkembang dan mengakibatkan Infeksi saluran kemih. Yang menjadi sebab lain bisa karena dehidrasi, terlalu banyak mengkonsumsi zat deuretik, kondisi toliet dan juga air untuk membasuh yang kurang bersih, cebok tidak dari depan ke belakang dan mungkin karena infeksi lain dari ureter dan ginjal.

Sebelum terjadi anyang-anyangan, ada baiknya kita berusaha mencegah hal itu. Karena sekali kena, enggak menutup kemungkinan kita akan terbebas selamanya dari yang namanya anyang-anyangan. Kita bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Tidak menahan diri saat ingin buang air kecil.
  • Menjaga kebersihan daerah intim dengan membasuh yang benar saat cebok dan juga menjaga kelembabannya.
  • Tidak terlalu sering menggunakan celana ketat.
  • Hindahi banyak minum yang mengandung zat deuretik.
  • Minum air putih 2 L setiap hari sesuai yang dianjurkan.
  • Minum jus Cranberry.

Sejak dulu buah cranberry diketahui memiliki sumber anti oksidan polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan juga penyakit jantung. Selain itu kadar vitamin Cnya cukup tinggi dan kaya akan Proantocyanidin yang dapat mencegah menempelnya bakteri E-coli penyebab utama anyang-anyangan.

Sayangnya, menemukan buah Cranberry tidak semudah beli Jambu biji. Buah ini tidak pasaran serta harganya tidak murah. Buahnya berasa asam dan agak pahit. Jika di jus untuk mengobati anyang-anyangan kurang praktis.


Beruntungnya Combiphar punya Prive Uri-Cran, powder sachet dan juga kapsul mengandung ekstrak Cranberry yang siap dikomsumsi. Selain itu, Uri-cran lebih mudah didapat daripada buah Cranberry. Rasanya manis asam segar dan cepat dalam mengatasi ISK. Jika di daerahmu belum ada, coba cek website Uricran untuk pemesanan secara online.

Karena Bukan Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Kena Anyang-Anyangan maka siapa pun kita kudu wajib jaga kebersihan. Jangan sampai menyepelekan ISK karena jika parah bisa mengganggu sistem ekskresi dan ganggun ginjal. Tetap waspada ya!

You Might Also Like

10 komentar

  1. Tak hanya perempuan saja ya mbak yang rentan terkena anyang-anyangan. Kalau di kampung saya banyak juga yang terkena batu ginjal & ISK. Soalnya air di daerah saya mengandung zat kapur.

    BalasHapus
  2. Waduh, berarti saya harus lebih memperhatikan kesehatan lebih baik.

    BalasHapus
  3. Aku alhmdulillah jarang nhan pipis, tp seringny keputihan, bikin gk nyaman, sm kayak anyang2an.
    Hrus smkin jga kesehatan organ intim ya mb.

    BalasHapus
  4. anhang2an itu bikin gak nyaman, banyak minum bisa bt pencegahannya

    BalasHapus
  5. alhamdulillah sekarang makin jarang anyang anyangan...tapi ga ada salahnya juga nyetok uricran

    mba. blognya udah aku folback ya..

    BalasHapus
  6. untung ada uricran ya...anyan anyangen jadi enak ngobatinya...

    BalasHapus
  7. waduh gaswat juga nih, kirain cuma wanita doank yg kena anyang2an, soalnya sejauh usia ini, belum pernah ngalamin. tapi entahlah ya klo waktu kecil.. #lupa

    BalasHapus
  8. anyang-anyangan emang ngga enak banget . apalagi buat ibu hamil kaya saya. untung ada uricran ya sekarang

    BalasHapus
  9. aku juga pernah ngalamin anyang-anyangan, rasanay ga enak banget ya mba

    BalasHapus
  10. baru tau laki2 juga bisa kena anyang2an...

    BalasHapus

Call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com

IBX58B3FC10AF930