Adsense Approved, Jangan Senang Dulu

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sekarang ini punya media sosial, blog, YouTube tidak afdol jika belum punya Adsense. Siapa sih yang tidak akan tergoda dengan penghasilannya?

Adsense adalah iklan dari Google. Jika iklan yang tayang bagus, pundi-pundi rupiah akan didapat. Banyak orang yang akhirnya serius dalam dunia online karena penghasilan cukup menjanjikan dari Adsense ini.

Mudahkah mendaftar Adsense ini?

Saya pikir mudah dan ketika saya pakai blogspot, tidak butuh waktu lama untuk dapat persetujuan. Ketika ditanya apa kuncinya? Entah, yang jelas saat itu blogspot saya rajin update dan lumayan enak dilihat. Saya pikir untuk mendaftar Adsense itu semacam adu keberuntungan.

Pixabay

Karena di awal saya hanya ingin gaya saat punya Adsense, hasil yang saya dapat pun tidak seberapa. Satu tahun, 1 Dolar saja sudah bagus. Ya karena memang tidak niat untuk memanfaatkannya.

Masalah lain muncul adalah saat saya akhirnya memutuskan untuk membeli domain. Iklan Adsense saya hilang! Apa yang terjadi?

Mengenal Jenis Adsense


Ternyata Adsense itu ada 2 jeninya:

1. Adsense Hosted
Bisa daftar dengan Blogspot atau YouTube. Reviewnya juga lebih mudah dan cukup gampang diterima asal mematuhi syarat dan kebijakan Adsense. Iklannya juga bisa diletakkan di beberapa blogspot dan YouTube. Tapi tidak akan muncul di blog Top Level Domain (TLD).

2. Adsense Non Hosted
Pendaftaran akun dengan TLD. Melewati 2 kali review dari peletakan iklan dan juga diterima atau tidak. Iklan Adsense bisa diletakkan di banyak blog baik TLD maupun blog gratisan.

Lalu, apa yang akhirnya saya lakukan?

Karena awalnya saya punya akun Adsense Hosted, jadi saya upgrade ke Non Hosted. Cara yang saya tempuh antara lain:

  • Ganti template blog dengan yang lebih responsif
  • Isi blog secara teratur, misal satu minggu 3 kali
  • Daftarkan blog TLD ke Adsense
  • Ikuti syarat dan kebijakan yang berlaku
  • Berdoa

Sepengalaman saya, waktu upgrade Adsense dengan domain web.id/my.id itu tidak mudah. Penolakan sering datang. Tapi ketika saya mendaftarkan domain .com, tidak lama e-mail penerimaan datang. Alhamdulillah berhasil juga. PRnya ya mulai rajin membuat konten bagus agar iklannya menarik.

Jika kalian baru akan mendaftar dan ingin serius dengan iklan Adsense, saya sarankan untuk mendaftarkannya dengan akun Non Hosted. Kalian bisa beli Domain juga Webhosting. Sekarang ini banyak penyedia yang loyal dan murah seperti Idwebhost. Biasanya akan dibantu CS dan lainnya. Jadi kalian tidak perlu bekerja 2 kali seperti saya. Tapi jika memilih Adsense Hosted juga tidak masalah.

Kalian sendiri sudah berapa kali ditolak sampai dapat approved dari Adsense?

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aku ud 2x di tolak mba. Hehehe

    BalasHapus
  2. memang sebaiknya apply google adsense itu setelah pakai TLD, kalau mau diseriusin mbak...

    sayang kalau udah diterima GA tapi masih blogspot, eh tau2 berubah pikiran pengen TLD

    BalasHapus
  3. Awalan sih aku coba daftar. Tp ga ada jawaban pasti. Harus nunggu pokoknya entah berapa lama "we're setting you up" tulisan semacam itu. Akhirnya aku cancel aja. Nyoba ngobrol2 sama suami, dikasih saran untuk memperbaiki tampilan karna mungkin adsense ogah naruh ads di blogku yg rame (begitu kata suami). Minta saran ke beberapa temen

    Awalan temaku rame banget pinky dan banyak bunga2. Dan temen2ku bilang kalo mereka gasuka dg tampilan yg seheboh itu. Oke aku memutuskan untuk ganti tema sederhana.
    Coba ngikuti tampilan blog yg udah ada adsense nya.

    Dihari yg sama setelah aku ngedit tema dan layout. Aku coba daftar adsense lg. Terus ga nyampe 6 jam aku dapet ucapan selamat kalo udah diterima.

    Akhirnya aku coba utak atik sendiri nih. Lgsung menuju ke ad unit.

    Udah deh besok paginya udah ada ads di blogku. Malemnya aku cek lg udah ada pundi-pundi rupiah yg masuuuukkkk duhh seneng.


    Bisa lho cek sendiri ke blogku.
    Malah jd miniblog dsni

    BalasHapus
  4. makasih mbak masukannya.pengen nyoba juga deh.cuma blog ku masih terlalu muda kayaknya..ehehee

    BalasHapus

Call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com

isi Halaman