Lakukan 3 Ini Saat Mudik

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu punya Cerita mudik apa nih? Seru dan haru?

Mudik adalah pulang kampung, biasanya orang perantauan gitu dan waktu pulangnya adalah saat menjelang hari raya terutama Idul Fitri. Dan mudik ini kayanya sih hanya ada di Indonesia ya.

Saya dari dulu selalu penasaran soal mudik dalam artian sebenarnya. Bagaimana rasanya pulang ke kampung halaman saat kita tinggal jauh. Saya belum pernah merasakan itu. Mudik saya hanya seputaran antar desa dalam satu kota.


Tapi kata Kakak saya, mudik itu sedikit repot. Jika hanya berdua dengan pasangan sih enggak masalah. Tapi kalau sudah ada buntut, banyak PRnya. Berdua bisa ngebut, tapi bersama anak harus ekstra hati-hati demi kenyamanan selama perjalanan. Biaya selama mudik juga harus dipikiran. Ongkos pulang pergi di mana seringnya biaya naik lebih dari hari biasa. Lalu biaya selama di kampung juga harus dipikirkan. Walaupun begitu, mudik tetap menyenangkan.

Nah kalau kamu mudik, ada setidaknya 3 hal yang harus dilakukan:

  1. Silaturakhim. Ini wajib banget. Kita berkunjung ke rumah saudara-saudara di mana lebih banyak yang kumpul saat lebaran. Kalau orang perantauan sudah mau mudik, please jangan nanya hal-hal pribadi hanya untuk berbasa-basi seperti soal nikah atau kapan punya anak dan lainnya. Jaga perasaan demi terjalinnya persaudaraan.
  2. Berwisata. Ada kalanya punya saudara yang rumahnya dekat pantai atau di tempat tertentu yang dekat wisata. Maka kita perlu meluangkan sedikit waktu, menikmati hari saat di kampung halaman biar pikiran jadi jernih.
  3. Wisata Kuliner. Kalau sudah berwisata, berkunjung ke rumah saudara, harus coba juga wisata kuliner. Makan pun enggak harus ke resto yang hits. Sering kali anak perantauan itu kangen masakan rumah seperti Nasi Goreng atau Sayur Asem. Kalau ada yang reques, bolehlah dibuatin masakan ini.


Saya tidak tahu apa tahun depan bisa merasakan mudik seperti orang-orang atau tidak. Yang pasti, harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamat bersama. Jangan lupa menabung, menyisihkan uang buat mudik ya! Lebih bagus kalau bagi THR juga, hehehe.

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com