Si Berisik Panci Presto

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Siapa yang suka masak? Suka pakai Panci Presto enggak sih? Tahu cara menggunakannya?

Saya suka masak, kadang-kadang tapi memang jujur saja peralatan masak di rumah tuh masih sederhana banget. Saya belum punya peralatan yang canggih-canggih, bahkan Panci Presto saja belum punya. Ada keinginan untuk membeli. Tapi buat apa coba?

Presto atau Pressure Cooker adalah alat masak berbentuk panci yang menggunakan bantuan uap air bertekanan tinggi dalam prosesnya. Hasil masakannya pun lebih cepat, sehat dan kandungan rasanya tetap terjaga. Karena pake uap itu, si Panci jadi super berisik, ces-ces-ces gitu deh.


Di kumpulan Ibu PKK tuh lumayan sering ada promo panci-panci termasuk presto ini dengan sistem pembayaran dicicil. Saya tadinya kepikiran buat beli, tapi mikir cicilannya kegunaannya. Maksudnya sih saya kalau masak simpel, rebus, oseng-oseng. Kalau pakai Presto kan lebih ke makanan khusus kaya Ikan Bandeng yang banyak durinya, Daging biar empuk. Tapi sebenarnya sih mresto sayur atau kacang-kacangan juga bisa. Dan ternyata ukuran pancinya juga beda-beda. Saya tahunya yang besar sih.

Bagaimana Sih Cara Menggunakan Panci Presto?


Tidak punya Panci Presto bukan berarti saya tidak bisa menggunakannya ya. Bisa kok karena pernah pakai waktu bantu-bantu di rumah orang.

  • Pertama sih pastikan pancinya bersih. Karet di tutupnya juga wajib diperiksa ya. Kalau ada penyok atau karetnya rusak, nanti enggak bisa maksimal masaknya
  • Kedua, isi air secukupnya saja. Kalau masak besar pun jangan sampai penuh. Sekitar 1/2 gitu deh
  • Ketiga, kecilkan api kalau Panci Presto sudah berisik. Ini artinya tenakan uap sudah besar, jadi kecilkan saja, toh sudah panas tuh
  • Keempat, setelah matiin kompor, tunggu beberapa waktu dulu untuk buka tutupnya. Jangan dipaksa karena kan masih beruap tinggi tuh. Selow aja, puter tutup pancinya dan buka

Masak pakai Panci Presto itu bukan sesuatu yang menyeramkan. Asal kita tahu cara menggunakannya, semua aman dan pastinya gizi tetap oke. Ingat waktu juga saat masak. Biasanya sih sekitar 20-30 menit sudah matang tergantung bahan apa ya yang direbus. Kalau jenis sayur yang mudah matang, sebaiknya enggak dipresto. Bisa jadi bubur tuh kalau terlalu lama.

Mungkin lain waktu saya mau nyari Panci Presto juga tapi yang ukurannya kecil. Kalian sendiri sudah punya Presto di rumah? Suka dibuat masak apa saja nih?

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah begitu ya, aku takut soalnya ngelihat teman prestonya meledak

    BalasHapus
  2. Saya biasanya masak kacang merah ama daging di panci presto Mbak buat sup kacang gitu. Tahu sendirilah masak kacang2an itu juga butuh waktu lama. Kadang masak nasi di presto juga lho, biar cepat :)

    BalasHapus

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com