Ketahui Berbagai Penyebab Kurang Pendengaran

07.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ada banyak gejala yang menandai masalah pada pendengaran. Beberapa gejalanya yaitu sulit untuk mendengar pembicaran secara jelas dengan orang lain. Selain itu, pasien dengan masalah pendengaran juga harus menyetel suara TV lebih besar untuk mendengar suara padahal orang lain tidak perlu sebesar itu.



Masalah pada pendengaran bisa terjadi secara tiba-tiba pada beberapa orang. Masalah ini ditandai dengan kurang pendengaran sebelah. Kondisi ini memang tidak terlalu banyak terjadi, dan tercatat hanya sebanyak 5000 orang yang pernah mengalami kondisi ini setiap tahunnya. Kelompok yang paling berisiko terkena masalah gangguan pendengaran sebelah adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun. Lantas apa penyebab masalah ini? Berikut ulasannya.

Penyebab Timbulnya Masalah Berupa Tuli Tiba-Tiba


Kondisi tuli secara tiba-tiba disebut dengan tuli sensorineural. Beberapa faktor di bawah ini dapat menimbulkan kurang pendengaran sebelah:


  • Adanya trauma seperti cedera yang terjadi di bagian kepala maupun telinga
  • Menderita penyakit autoimun dapat menyebabkan masalah pada pendengaran. Salah satu penyakitnya seperti sindrom Cogan
  • Mengalami gangguan pada sirkulasi darah seperti sumbatan pada aliran darah
  • Akibat konsumsi obat-obatan yang menyebabkan penurunan kemampuan pendengaran
  • Tumbuhnya tumor di bagian otak yang menyebabkan penurunan kemampuan pendengaran
  • Mengalami gangguan sistem saraf yaitu multiple sclerosis
  • Mengalami gangguan pada telinga bagian dalam

Cara Mengobati Masalah Tuli Sebelah


Umumnya pasien dengan masalah tuli sebelah akan diobati menggunakan obat kortikosteroid. Obat ini adalah obat yang umumnya digunakan untuk mengatasi gangguan yang menyebabkan gejala pembengkakan dan peradangan. 

Selain pemberian obat, dokter THT juga akan memberikan metode pengobatan lain yang disesuaikan dengan penyebab gangguan hingga kondisi dari pasien. Misal, apabila gangguan pada pengengaran sebelah disebabkan oleh infeksi maka dokter juga akan meresepkan obat antibiotik. 

Umumnya, gangguan ini dapat menghilang setelah satu sampai dua minggu dengan sendirinya. Meski begitu, seseorang dengan masalah vertigo berpeluang kecil untuk dapat mendengar normal kembali apabila tidak diobati.

Untuk memperoleh piranti alat bantu dengar, kita bisa mencarinya lewat pusatalatbantudengarmelawai.com. Di pusat alat bantu dengar Melawai, beragam alat bantu dengar ditawarkan termasuk untuk gangguan pendengaran sebelah.

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com