Kapan Diet?

07.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Tahun lalu
Kapan diet? Nanti, tahun depan saja

Awal Tahun Baru
Kapan diet? Nanti nunggu musim kemarau. Musim hujan bawaannya lapar

Kapan diet?

Entahlah. Kalau dipikir, saya tidak tahu kapan harus menjawabnya. Sejak beberapa waktu lalu, saya ada niat diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Saya tidak ada masalah dengan BB sekarang ini. Tapi rasanya ingin mengurangi barang 2-3 kilo agar tidak terlalu engap kalau jalan agak jauh.

Sebenarnya bertahun-tahun lalu saya punya berat badan yang kurang, tidak ada 40 kg. Hitungannya saya terbilang kurus dan selalu dikatain anak sekolah. Jadilah saya berdoa agar bisa gemuk karena dulu terlalu percaya diri meski banyak makan, tidak akan gemuk. Nyatanya Tuhan mengabulkan doa saya.

Lalu kenapa mau diet?

Freepik

Biar lebih sehat dan enggak engap saja. Bukan model ini, hehehe. Dan daripada saya bingung dan malah beratnya tambah naik, saya lebih suka mengontrol makanan. Dulu saya terbiasa makan dengan karbohidrat yang banyak. Makin tambah nasi, makin bagus, begitu pikir saya. Tapi sekarang saya mulai mengubah itu.

Saat mau makan, saya akan memilih buah jika ada dan minum air putih dulu. Lalu makan besar dengan mengambil lauk lebih dahulu, baru nasi. Hasilnya, sepertiga nasi, dua pertiga lauk yang ada di dalam piring.

Lalu bagaimana hasilnya? Sudah turun berat badannya?

Belum terlalu terlihat sih. Tapi perut saya lebih nyaman, ini yang penting. Kenyang? Iya, alhamdulillah. Satu lagi PR saya yaitu olah raga. Hujan-hujan begini rasanya enak bergelung dengan selimut. Meski sudah aktifitas, tapi itu tidak benar-benar olah raga.

Setiap orang punya kebutuhan dan kondisi badan tersendiri. Mau diet ini itu, silakan. Tapi jangan menyiksa diri. Hakikat dari diet aman itu mengatur pola makan, bukannya tidak makan sama sekali. Tetap penuhi nutrisi tubuh dan jaga kesehatan. Lalu kalau selesai makan jangan langsung tidur karena itu kurang baik bagi kesehatan.

Dengar Tubuhmu! Dietlah karena kesehatan, jangan karena orang lain. Yang sedang menjalani diet, tetap semangat ya!

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com