Mulai Body Positivity, Ya Saya Berkulit Sawo Matang

07.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kita hampir selalu terkurung pada standar kecantikan yang mengharuskan seorang wanita itu berkulit putih, langsing, dan sebagainya. Bagaimana jika kita tidak memiliki itu semua? Apakah akhirnya kita tidak menjadi cantik?



Menjadi cantik itu pilihan. Hati kita mau menerima keadaan atau malah ikut apa kata orang lain. Parahnya, karena mendengar apa yang keluar dari mulut orang lain, kita malah jadi membenci diri sendiri. 

Kemarin Tara Basro Body Positivity dengan menampilkan foto tubuhnya. Dia yang berkulit sawo matang, punya stretch mark dan juga perut yang bergelambir. Saya pun melihat, pada diri sendiri. Harusnya saya juga mencintai diri kita yang apa adanya. Bukan berarti kita masa bodoh pada tubuh ya. Kita harus tetap menjaga kesehatan, penuhi nutrisi, dan jangan lupa mendengarkan mereka saat merasa lelah dan butuh istirahat. 

Punya kulit gelap juga bukan sesuatu yang buruk. Banyak public figure yang percaya diri dengan warna kulit mereka dan tetap semangat berkarya. Seperti Farah Queen, Rennata Moeloek, Indah Kalalo, Anggun C Sasmi, Mika Tambayong dan banyak lainnya. Kalau pun menggunakan make up, saya yakin mereka akan memilih foundation untuk kulit sawo matang yang pastinya tetap menonjolkan kecantikan yang mereka miliki.

Mari kita berbahagia dengan mencintai diri sendiri. Tak masalah jika tubuh kita tidak sesuai standar orang lain. Kita tak pernah tahu perjuangan seseorang untuk menerima apa yang ada pada tubuhnya. Jangan sampai kita menjadi orang jahat dengan mencela keadaan orang lain bahkan sesama perempuan. 

Yuk mulai Body Positivity dengan:


  • Pahami apa yang tubuhmu perlukan
  • Dengar “pesan” yang disampaikan oleh tubuhmu atau rasakan keluhan dan pahami kondisi tubuh
  • Tak harus memuji tiap aspek penampilanmu
  • Jangan berhenti merawat diri sendiri

Kamu siap memulainya?

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com