Jerawatan, Kamu Punya Pacar Ya!

07.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Siapa yang saat remaja sering mendapat pernyataan kalau jerawatan artinya punya pacar? 

Itu saya. Padahal saya jarang jerawatan. Tapi sekali jerawat muncul, eh dikatain punya pacar. Belajar keras, kenapa jadi kena gosip pacaran coba?


Jerawat sendiri bisa disebabkan karena tersumbatnya folikel rambut karena minyak dan sel kulit mati, bakteri, kelebihan produksi minyak dalam tubuh, serta kelebihan hormon androgen. Di usia remaja sendiri memang wajar banget jerawat muncul karena hormon androgen meningkat selama pubertas. 

Saat remaja dulu, saya tidak tahu cara merawat wajah berjerawat. Jadi hanya melakukan hal normal seperti rajin cuci muka dan tidak membiarkan kulit wajah kering. Tapi sesekali karena terlalu gemas dan agak sakit, saya ingin sekali memencetnya. Padahal itu tidak boleh dilakukan lho! 

Jangan Lakukan Ini Pada Jerawatmu 


  • Disentuh. Kenapa? Sebab kita enggak bisa menjamin bahwa tangan ini bersih. Kalau tangan kotor dan ada bakteri ini dibuat nyentuh wajah yang berjerawat, ya otomatis mereka bakal pindah. Bisa tambah itu jerawatnya.
  • Dipencet. Hampir sama dengan alasan pertama, tapi lebih banyak risikonya seperti infeksi. Saya pernah tuh pencet agar hilang. Nyatanya malah tambah bernanah dan sakit. Kalau sudah sembuh malah berbekas dan lama banget hilangnya. Duh!
  • Ditutupi. Kalau soal nutupi, saya jarang sih. Biarin saja kelihatan. Tapi ada beberapa teman yang memilih plester, rambut, atau topi buat nutupi jerawat. Padahal jadinya panas dan bikin gesekan pada jerawat. Kotoran juga keringat malah bikin jerawat bermunculan
  • Gosok dengan handuk. No! Kita harus lebih lembut pada jerawat ini.
  • Facial. Maunya cantik bersinar. Tapi kalau lagi jerawatan, baiknya kita tunda dulu karena bisa bikin teriritasi.
  • Pakai scrub. Karena butuh kelembutan, baiknya hindari juga pakai produk yang mengandung scrub. Pakai foam lembut dulu ya kalau cuci muka.
  • Makeup. Pakai pelembab oke, tapi makeup ya kudu pilih-pilih seperti menghindari produk dengan kandungan minyak atau alkohol dan noncomedogenik. Biarkan kulit wajah istirahat dulu ya! 

Saya bersyukur karena memiliki wajah normal dan jarang berjerawat. Tapi tetap ya kudu peduli pada wajah biar tetap sehat. Jika jerawatan, mari rawat dengan tepat agar tidak bertambah parah.

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com