Lupa Yang Membahagiakan

07.00

Biasanya, yang namanya lupa itu sesuatu yang kurang menyenangkan. Apa jadinya jika lupa, tapi membahagiakan? 

Setelah sekian lama, akhirnya saya mengalami lupa tapi membahagiakan. Dulu kalau puasa dan lupa lalu makan atau minum, rasanya pasti senang. Ya, kemarin apa yang saya rasakan agak mirip seperti itu.

bahagia

Bermula saat saya membuka e-mail yang saya pikir adalah ajakan kerja sama. Setelah saya buka, ternyata konfirmasi pembayaran. Saya dapat job, sudah dikerjakan dan akhirnya dibayar. Bedanya, saya lupa mencatat dan akhirnya terkejut dan senang sendiri meski nominalnya biasa saja. 

Setahun lebih saya mulai mencatat pemasukan dari blog juga sosial media. Dulu walaupun tidak mencatat, biasanya saya akan ingat bahkan saya juga ingat beberapa job yang pemberinya tak ada kabar. Entah kenapa kemarin itu betulan lupa. Kabar baiknya, ya saya senang dan jadi semakin bersyukur. 

Karena hal ini, saya akhirnya memutuskan untuk tetap mengaktifkan domain perempuanunik.com dan membuang rasa galau. Rasanya akan sangat berdosa jika saya tidak melakukannya. Pekerjaan rumahnya, saya menyiapkan beberapa rencana yang akan saya posting mulai tahun depan. Satu blog saya sudah cukup stabil. Jadi bisa agak santai dan tetap belajar juga. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini saya tidak hanya memperpanjang domain, tapi juga mentransfernya ke penyedia layanan lain. Alasan logisnya karena perpanjangan di tempat lama selalu naik. Jadi saya coba untuk beralih ke yang ramah di dompet. 

Pertama, saya tanya Teman-teman dari Jarang Sisiran tentang hal ini. Mana penyedia layanan yang perpanjangannya lebih stabil. Saya juga mencari beberapa penyedia dan mempelajarinya. Banyak perbandingan, ada yang lebih murah pasti, tapi Teman-teman tidak membeli di sana. Lalu dua Teman menyarankan satu penyedia layanan yang sama. Makanya saya memutuskan untuk beralih ke sana. Soal apa dan di mana, saya tidak akan menyebutkannya di sini. 

Hal kedua yang saya lakukan adalah mengubah Status Lock Domain. Registrar Lock domain ini untuk mencegah domain ditransfer secara ilegal. Saya nonaktifkan dulu biar nanti proses transfer lancar. Saya juga meminta EPP Code dari layanan domain lama. 

Hal ketiga, saya buat akun baru di layanan domain tempat saya akan transfer. Lalu pilih transfer domain. Nanti ada harga yang akan dibayar. Sebenarnya ini untuk perpanjangan domain kita sih. Lalu memasukkan EPP Code dan memilih layanan apa yang akan kita beli. Dan terakhir tentunya bayar tagihan terbaru. 

Selesai nih? Belum karena saya masih harus menunggu proses transfer domain sekitar 5-7 hari dari sekarang. Begitu kata CS ketika saya chat. Belum ada pemberitahuan lainnya juga. Jadi mari menunggu saja. Oh iya, dari penyedia layanan lama, saya dapat e-mail pemberitahuan proses transfer ini. Jika itu bukan saya, ada link untuk cancel transfer. Namun jika saya tidak membalas, artinya saya menyetujui prosesnya. 

Apakah semua domain bisa ditransfer? 

Secara umum, tentu saja bisa. Ada juga yang beli hosting dan domain di tempat berbeda. Yang penting, domain kita aktif, bukan expired. Lalu tidak ada masalah hukum dan lain sebagainya. Dasarnya itu. Soal lainnya, kalian bisa searching sendiri. 

Sekarang saya lebih lega. Ini juga jadi postingan terakhir di tahun 2020. Tahun ini memang nano-nano, tapi membuat kita jadi banyak belajar dan lebih bersyukur. Saya tidak akan menulis banyak resolusi. Saya hanya ingin konsisten ngeblog, meningkatkan kuantitas juga kualitas tulisan. Mungkin tak akan banyak. Yang penting 3 blog saya yang berdomain bisa diisi semua. Semoga masih ada usia dan tidak malas saja, hehehe. 

Tunggu cerita kelanjutan dari transfer domain yang saya lakukan dan rencana ngeblog ke depan. Sampai jumpa di tahun 2021 ya!

You Might Also Like

0 komentar