Buat Blog Lagi, Untuk Apa?

07.00

Berapa blog yang kamu punya? Saya satu saja ribetnya minta ampun!

Hai, Selamat Pagi! Masih dalam rangka mengikuti BPN Ramadan Challenge 2021, saya datang dengan postingan baru. Kemarin di hari pertama ada Perempuan Unik, Limited Edition Girls tentang arti nama blog. Di hari keduanya ini temanya adalah Alasan Mulai Ngeblog.

alasan mulai ngeblog

For your information, Perempuan Unik adalah blog ketiga saya yang berdomain. Akhirnya di awal tahun saya pindahkan karena sedikit galau antara mau diperpanjang atau dilepaskan. Alasan paling logis adalah saya bingung mau dibawa ke mana blog ini. Punya satu blog saja butuh kerja keras. Ini tiga yang harus dibayar tiap tahunnya. Mumet enggak tuh?

Katakanlah blog ini adalah anak ketiga saya. Awalnya konsep yang saya inginkan adalah blog dengan niche fiksi dan kecantikan walaupun ujung-ujungnya lifestyle juga. Ceritanya saya ingin jadi anonim dan hanya dikenal lewat karyanya. Khayalan tingkat tinggi memang. Kalau diingat jadi agak malu, hahaha.

Dulu sekali alasan pertama saya ngeblog adalah agar orang-orang mau membaca karya fiksi yang saya buat. Maklum, waktu mengirimkan ke koran dan media lainnya, selalu ditolak. Waktu itu belajar otodidak, tidak paham EBI, enggak benar-benar menekuni. Hanya suka ngefiksi. Jadi untuk memancing, saya menulis keseharian lebih dulu. Lalu saya mulai ikut grup fiksi dan membuat fiksi mini, flashfiction, atau cerpen.

Untuk projek pertama blog ini adalah cerita Aster in Your Heart. Saya ingin membuat cerita bersambung tentang pasangan muda yang baru menikah. Ya semacam jungkir balik pernikahan apalagi ternyata suaminya tidak mencintainya. Lalu kenapa nikah coba? Apakah karena taaruf? Ya entah lah, ckckck.

Karena satu dan lain hal, cerita ini mandek bahkan sampai sekarang. Pemikiran saya tentang gambaran pernikahan banyak yang berubah dan itu mempengaruhi cerita yang sebenarnya agak bingung mau di bawa ke mana. Entah kapan lagi saya akan melanjutkan cerita tersebut.

Bagaimana dengan niche Kecantikan?

Sebenarnya saya bukan orang yang hobi dandan. Membahas kecantikan tujuan saya hanya untuk menuliskan informasi produk-produk yang saya pakai. Hanya pengalaman sederhana saja. Namun pada jalannya, ada beberapa produk yang saya coba tapi belum ingin mengulasnya. Ini tahu-tahu habis saja dipakai. Memang terlalu ribet saya ini.

Harapan dan Kenyataan yang Berbeda dari Alasan Mulai Ngeblog


Kembali lagi bahwa mengurus banyak blog ini ternyata sangat tidak mudah. Harapannya ini itu, tapi realita berkata lain. Saya masih sangat membutuhkan konsistensi jika mau tetap menjaga blog ini. Saya berusaha membuat jadwal, tapi ya ada saja hambatan. Semoga setelah ikut challenge ini, saya lebih semangat lagi.

Mungkin tidak ada cerita fiksi karena membuatnya cukup membutuhkan banyak konsentrasi. Mungkin tidak banyak cerita kecantikan karena saya bukan Beauty Blogger. Mungkin hanya cerita sekadarnya, tapi saya tetap ingin menulis sesuatu di blog ini.

Pertama adalah kontennya yang harus oke, dan saya masih belajar hal itu. Baru kemudian teknis lainnya seperti memperbaiki view dan sebagainya. Oh, pekerjaan rumah saya masih jauh. Semoga saya tetap semangat dengan hal ini.

Mungkin hanya ini yang bisa saya ceritakan tentang alasan mulai ngeblog di Perempuan Unik. Kalian sendiri punya alasan apa saat mulai ngeblog? Apa karena Teman? Uang? Hobi atau apa? Coba cerita juga ya!

You Might Also Like

0 komentar