Cerita Bulu Ketiak

07.00

Masih ingat kapan pertama kali bulu ketiak tumbuh? Apa yang kamu lakukan? Tahu bagaimana cara membersihkan bulu ketiak?

Halo, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Bicara bulu ketiak bagi perempuan itu agak nano-nano. Saya sendiri lupa kapan tepatnya bulu ketiak itu muncul, tapi waktu itu saya masih SD. Jika anak perempuan lain mulai menunjukkan pubertas dengan perubahan pinggul atau payudara, maka saya dengan munculnya bulu di ketiak.

Kemunculan bulu ketiak adalah salah satu tanda pubertas yang dialami tiap remaja. Awalnya, bulu ketiak ini tumbuh dengan tekstur halus dan ukurannya pendek. Semakin lama, biasanya bulu ketiak akan tumbuh lebat dan panjang. Hal ini sangat normal terjadi, tapi untuk saya saat itu merupakan sesuatu yang tak bisa diungkapkan.

cara membersihan bulu ketiak

Saya bingung bagaimana cara mengatasinya. Maksudnya karena memanjang, saya pikir akan sepanjang rambut kepala. Saya tidak pernah membicarakan hal ini dengan Ibu atau Kakak perempuan saya. Jadi selain tidak lagi memakai pakaian tanpa lengan, diam-diam saya mengambil gunting dan memotongnya.

Apakah itu berhasil untuk menghilangkan bulu ketiak?

Tentu saja tidak. Mereka tetap tumbuh lalu kemudian berhenti memanjang di ukuran tertentu. Kalian tentu paham maksud saya. Akhirnya saya semacam berpasrah. Toh mereka di dalam, tidak kelihatan juga.

Selepas SD, saya tidak tinggal di rumah. Saya tinggal bersama banyak anak remaja dari berbagai daerah. Masalah bulu ketiak juga tidak asing di sini. Akhirnya saya mulai tahu bahwa mereka mencabut bulu ketiak dan Kakak saya juga melakukan hal yang sama.

Saya tidak melakukan itu secara langsung, saling mencabut seperti yang mereka lakukan. Paling tidak, saya tahu bagaimana caranya dan kadang kala melakukannya diam-diam di rumah. Jujur memang sakit dan butuh waktu lama, tapi setelah bulu tercabut rasanya lebih lega.

Ketika masuk SMA, saya berpindah tempat tinggal dan bertemu teman baru. Cerita bulu ketiak masih berlanjut. Kali ini Teman sekamar saya mengajari cara bercukur bulu ketiak dengan alat cukur. Saya bertanya-tanya, apa itu tidak sakit? Katanya sih, tidak. Meski begitu, sampai sekarang saya belum pernah mempraktikkannya.

Manfaat dan Cara Membersihan Bulu Ketiak


manfaat dan cara membersihan bulu ketiak

Sekarang saya lebih santai dengan adanya bulu ketiak ini. Meski kadang terasa aneh, sebenarnya keberadaannya cukup bermanfaat lho. Ini dia manfaat bulu ketiak:

  • Melindungi kulit ketiak dari gesekan. Ini sama seperti manfaat bulu lainnya di tubuh kita
  • Melindungi ketiak dari bakteri, kotoran dan zat-zat racun dari luar tubuh. Jadi sangat mungkin untuk mengurangi infeksi
  • Melindungi payudara karena kelenjar pada bagian ketiak berhubungan langsung dengannya
  • Mengatur suhu tubuh
  • Memperkuat aroma feromon yang akan membuat daya tarik tersendiri

Jadi keberadaan bulu ketiak ini sebenarnya baik dan bermanfaat juga untuk tubuh kita. Yang terpenting adalah kita tahu bagaimana cara menjaga kebersihannya. Yang pasti kita harus mandi setiap hari dan menggosok bagian ketiak agar kotoran dan bekas deodorant bisa hilang. Pakai deodoran yang cocok untuk tubuh kita. Jika ingin menghilangkan bulu ketiak, maka bersihkan alat yang digunakan.

Terserah mau membersihkan bulu ketiak dengan mencukur, mencabut atau waxing bahkan dengan cara dan bahan alami juga bisa. Pilih mana yang menurut Kalian aman dan tidak menyakiti diri sendiri. Memilih tidak mencukur bulu ketiak juga tidak masalah apalagi karena tahu manfaatnya. Itu pilihan masing-masing orang.

Kalian sendiri pilih yang mana? Punya cerita canggung soal bulu ketiak juga? Coba share di kolom komentar ya!

You Might Also Like

0 komentar