Site Audit Untuk Pemula

07.00

Sudah berapa lama kamu ngeblog? Sudah sampai di mana?

Sebenarnya saya malu jika menjawab berapa lama saya ngeblog. Berjalannya waktu, lama tidaknya itu bukan jaminan. Setiap Blogger harus mau belajar mengikuti perkembangan zaman.

Dulu saya pikir ngeblog itu ya asal menulis dan selesai. Nanti akan ada yang otomatis membaca. Sampai kenal Teman-teman Dunia Maya juga awalnya seperti itu.

site audit untuk pemula

Namun kini dunia blogger tidak seperti dulu. Semua berkembang maju dan persaingan makin banyak. Blogger jadi profesi yang bisa dibilang cukup menyenangkan. Makanya harus dan wajib belajar apa pun agar blog bisa bertahan.

Beberapa waktu ini seorang Teman mengenalkan saya pada istilah site audit. Ada yang tahu tentang ini?

Dilansir dari SEO Clarity, site audit atau website audit merupakan proses evaluasi terhadap kualitas performa sebuah situs web. Mudahnya adalah, memeriksa dan memperbaiki website yang kita miliki supaya tampil lebih maksimal dan nyaman untuk pembaca. Ini adalah tip blogging yang ingin saya coba.

Jika kita betulan awam dan baru dalam memperbaiki blog, apa yang bisa kita lakukan?

 

Catatan Dasar Website Audit Untuk Pemula

  • Pertama adalah soal Desain Blog. Dulu saya suka gonta ganti template yang menurut saya cantik. Sayangnya tidak untuk Pembaca. Maka desain blog wajib dengan warna dan huruf yang nyaman dibaca. Lebih baik dasarnya netral, putih bersih. Pilih juga yang responsif dan Mobile Friendly. Yang tak kalah penting, kita harus membuat menu navigasi sebagai petunjuk pengunjung untuk mendapatkan informasi halaman-halaman pada blog kita. Misalnya soal About Me. Kecuali kita maunya menyembunyikan diri
  • Yang kedua adalah pengaturan HTTPS blog kita agar aman
  • Ketiga, Daftarkan robots.txt dan Sitemap XML di Google Search Console
  • Keempat, Daftar Google Analytics untuk menampilkan statistik secara real
  • Kelima, Perbaiki kualitas konten, mulai dari keyword yang tepat, Call-to-Action, dan lainnya. Ini ranahnya ke SEO
  • Keenam, Cek Meta Title dan Meta Description
  • Ketujuh, cek kecepatan blog
  • Kedelapan, Cek Broken Link dan Error 404
  • Kesembilan, perhatian penempatan iklan agar tidak mengganggu

Menurut saya, ini adalah Catatan Dasar Website Audit Untuk Pemula. Sebagian sudah saya lakukan, sebagian banyak belum. Servis rutin untuk mengetahui penyakit yang blog kita derita ini tidak bisa sekali duduk. Tidak jauh deh, isi deskripsi penelusuran atau alternatif image dalam postingan saja belum konsisten. Jadi pekerjaan rumah saya memang banyak.

Oh iya, selain Google Search Console dan Google Analytics, ada tools lain yang bisa kita gunakan. Belum sampai di sana karena yang 2 ini saja saya masih meraba-raba. Ya itu, tidak boleh berhenti belajar.

Mungkin itu dulu Site Audit, salah satu Tip Blogging Yang Ingin Dicoba. Lain waktu, saya akan membuat postingan jika sudah benar-benar memahaminya. Kalian sendiri bagaimana?

You Might Also Like

0 komentar