Perempuan Unik

Cerita Lain Aku dan Kamu

Diberdayakan oleh Blogger.

Belanja Untuk Persiapan Puasa

Ramadan tiba, Ramadan tiba, yey! Kemarin kalian sudah bikin persiapan apa di untuk menyambut Bulan Suci ini?


    Ramadan bulan istimewa di mana kita orang yang beriman diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan. Ini dilaksanakan setelah Sidang Isbat. Untuk persiapa sendiri, selain soal fisik dan mental, saya juga menyiapkan bahan makanan untuk dan selama bulan Ramadan.


belanja untuk persiapan puasa

    Sebenarnya beberapa tahun lalu, saya sempat ikut arisan sembako. Nominalnya tidak besar, hanya 10 ribu rupiah setiap minggu. Waktu itu saya bayarnya suka-suka. Kalau ada uang, langsung bayar 50 ribu atau bisa 100 ribu. Intinya menitipkan uang yang nanti bertotal 450 ribu selama hampir 10-11 bulan.


Lalu akan diapakan uang tersebut?


    Ya tentunya untuk membeli bahan sembako seperti beras, gula, minyak, sirup, susu, mie instan dan lain sebagainya. Lumayan sebenarnya untuk sedikit persiapan selama Ramadan. Sebenarnya itu dibagi 2 jenis sih. Jika ambil beras, maka tidak ada gula dan sebaliknya. Terserah mau ikut dan ambil yang mana.


    Waktu saya ikut, memang tujuannya tak mau repot belanja dan biar tidak ingat kalau ada tabungan sembako. Jadi bayar-bayar, tahu-tahu kelar dan dapat bahannya. Namun seiring harga bahan pokok yang makin naik dan lihat list harga yang diberikan setelah ambil sembako, saya mulai berubah pikiran.


    Rasanya saya bisa membelanjakan itu sendiri, dan mengubahnya jadi beberapa jenis yang pasti akan saya gunakan. Misalnya soal beras, saya tidak harus membeli 25 Kg, tapi menguranginya untuk dibelikan bahan lain. Minyak juga bisa nyari diskonan, dan sebagaianya. Karena hal ini, saya akhirnya tidak ikut arisan sembako lagi.


Belanja Sendiri Untuk Persiapan Puasa


    Meski sedikit repot, saya akhirnya belanja sendiri untuk persiapan puasa. Saya membaginya menjadi 2 jenis. Pertama belanja di Swalayan dengan pembayaran non tunai. Kedua belanja di pasar tradisional secara tunai. Jadi uangnya tidak terlalu kelihatan, kurang lebih sepadan dengan tabungan sembako. Namun saya merasa puas karena bahannya benar-benar yang saya mau dan butuhkan.


    Di Swalayan saya membeli bahan kering sepeti sirup, jahe, minyak, beberapa Mie Instan yang saya suka, makanan ringan, susu buat anak-anak termasuk kebutuhan harian kaya sabun, lotion anti nyamuk dan lainnya. Untuk harga, jelas sedikit berbeda dengan toko-toko Tetangga. Ada diskon dan yang paling penting, banyak pilihannya.


    Di Pasar Tradisional, saya membeli sedikit beras, gula, bumbu dapur sejenis bawang merah, bawang putih, dan telur. Sebenarnya di Tetangga ada yang jual, tapi saya butuh cuci mata sebelum Ramadan. Untuk lauk harian, saya mengandalkan Mbak Bakul dan Pak Ikan. Meski ada kulkas, saya tidak terbiasa nyetok makanan banyak. Paling untuk 2-3 hari saja. Sebisa mungkin bahan yang dipakai tetap segar.


    Well, itu dia cerita Belanja Untuk Persiapan Puasa tahun ini. Saya rasa ini masih standar ya untuk yang sering masak di rumah. Budget masih sesuai, hanya sedikit tambahan. Belanja besar selanjutnya mungkin nanti jelang lebaran. Tunggu ceritanya ya!

22 komentar

Damar Aisyah mengatakan...

Ramadhan kali ini saya gak nyetok sama sekali. Terutama bahan masakan. Sengaja begitu karena setiap Ramadhan tuh nafsu makan anak2 turun drastis, saya dan suami juga. Jadi ya sudahlah setiap hari belanja sedikit lgs masak habis. Sedikit repot sih tapi emang sedang mencoba sedikit yg berbeda dari ramadhan sebelum2nya.

Andiyani Achmad mengatakan...

belanja persiapan puasa dilakukan supaya stok untuk hidangan sahur aman selama sebulan ini ya

Suciati Cristina mengatakan...

mie instan aku juga beli nih mba biasanya sama sarden juga, buat siap2 kalau pas kesiangan hehe, mamah aku sering pesanin gitu. Jangan lupa beli mie instan dan sarden, kalau telur udah pasti karena paling gampil yaa^^ met puasa mba

Nanik nara mengatakan...

hehehe... saya juga ke pasar tujuan utamanya buat cuci mata mbak, selain untuk beli ikan dan ayam biasanya. Plus jajan pasar. Karena kalau untuk sayuran dan bumbu udah di kang sayur langganan yang tiap hari lewat depan rumah

Lintang mengatakan...

Ibukku nih ikutan arisan sembako gini. Bisa banget buat persiapan Ramadan buat nyetok biar ngga beli-beli lagi. Jadi aman ngga lapar mata ya kalo belanja sendiri ke pasar tradisional. Bisa bengkak juga beli ini itu hehehe.

April Hamsa mengatakan...

Toooss aku pun ke pasar mbak tapi pas udah masuk hari kedua Ramadan krn baru sem;pet, lumayan nyetok bahan pangan mungkin bisa buat hampir 2 minggu. Khususnya yang lauk2 tu biar gk bolak balik beli. Ke pasar juga seneng krn liat perputaran roda ekonomi begitu hidup :D

Gusti yeni mengatakan...

Sebelum puasa kemarin sudah nyicil beli2 yg lagi promo buat dibagikan, sama kirim2 hampers batik buat sobat terd3kat auto pesen langsung sumbernya skalian ksh alamat2 biar ga mepet2 suka overload ya ekspedisi...

Tian lustiana mengatakan...

kalau sudah ke pasar saya paling seneng beli sayuran dan ikan , apalagi buat persiapan puasa nih , sahur harus ada yang kuah - kuah

Hani S. mengatakan...

Haha, benar Maaak, kadang kita sengaja belanja agak jauhan demi biar bisa refreshing ya :)) Aku termasuk yang gak mau ribet juga dalam hal belanja untuk bahan masakan. Tergantung mood dan kesempatannya aja. Semangat masak Maaak, pasti keluarga happy selalu disajikan masakan penuh cinta :)

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Aku walaupun puasa belanja untuk buka dan sahur tetap seperti sebelumnya, seminggu sekali. Karena ini lebih enak untuk prepare makanan sih. Kalau yang untuk bahan makanan segar seperti ikan, daging dan ayam biasanya aku mix dalam seminggu deh.

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Saya juga milih belanja untuk dua atau tiga hari aja. Kalau untuk seminggu biasanya malah ada beberapa yang gak sempat dimasak. Lagi pula bisa sambil cuci mata juga, keluar rumah belanja dua atau tiga kali dalam seminggu hehehe

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Saya belanja juga mba buat persiapan puasa. Bahkan sekaligus masak yang bisa dimasak lebih awal. Seperti rendang. Hehe

Eri Udiyawati mengatakan...

Saya juga belanja sebelum Ramadan ini. Ya, sama belanjany sembako, dan bahan lauk pauk. Terutama yang saya pikirkan memang lauk praktis dan enak buat makan sahur. Jadi saya ada beli ayam dan telur.

Seneng rasanya kalau belanja gini. Hehehehe

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Dulu teman2 kantor dan tetangga seneng ikutan arisan bahan pangan gini. Ada yang sembako, ada juga yang kebutuhan lebaran seperti minyak goreng, kacang, emping, biskuit dan sirup. Berhubung kesukaan anggota keluargaku beda-beda, lebih pilih ga ikut arisan. Belanja sendiri aja sesuai rekues suami dan anak-anak.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Ramadan kali ini sempat membuat kehebohan karena aku masuk rumah sakit dan Untungnya ada anak mertua aku pulang dari Pondok bisa menemani adik-adiknya untungnya juga aku sudah Stok belanja makanan untuk sahur anak-anak Alhamdulillah jadi lancar

Dee_Arif mengatakan...

Toss mbak
Aku H-2 lebaran juga siap belanja untuk persiapan puasa
Mie instan jadi pilihannya
Anak dan mudah saat dilakukan

lendyagassi mengatakan...

Setiap Ramadan ada banyak kebiasaan yang bisa dilakukan yah..
Membaca arisan dengan metode demikian, di wilayahku dari dulu suka ada tuh yang ngajakin arisan anak. Jadi kalau lebaran gini, nanti mendekati Lebaran, anak-anak bakalan dapet jajanan sekoper.

Hihih...
Tapi aku gak pernah ikutan arisan, karena merasa dari dulu lebih besar manfaatnya kalau hadiah itu dari aku langsung, bukan arisan kaya gitu. Jad pemikiranku masih kolot gitu deh..

Lidya Fitrian mengatakan...

Kalau belanja bumbu dapur dan sayur-sayuran aku juga seringnay di pasar tradisional, kalau terpaksa baru deh lewat online belanjanya. Memang sih belanja & masak sendiri bisa menekat budet pengeluaran untuk masak. Mudah-mudahan di bulan Ramadan & Idul Fitri nanti harga-harga tidak naik ya

khairiah mengatakan...

Ramadhan itu entah kenapa makanan yang paling dirindukan mie instan, jadi paling itu yang aku stock dirumah

Sri Widiyastuti mengatakan...

Saya tahun ini belanja seperti biasa aja sih mbak, gak kayak tetangga lain yang Munggahan itu beneran belanja banyak, kalau saya sesuai dengan kapasitas kulkas juga sih, dan yang bisa dimasak cepat langsung saya masak dan disimpan pakai wadah agar ada bekal buat makan sahur

Rina s mengatakan...

Sy beli bahan buat bikin kuker tpi belum dibikin bikin nih kukernya hahahha

Adriana Dian mengatakan...

Wah iya tuh sebelum puasa kayanya pasar supermarket rameee banget. Pada berlomba lomba stock makanan buat puasa yaaa. KAu juga ikutan sih stock frozen food buat anak anak. hihi