Perempuan Unik

Cerita Lain Aku dan Kamu

Diberdayakan oleh Blogger.

Model Baru

Setelah kemarin membahas fashion Sage Green, kali ini ada Model Baru lho. Penasaran apa itu? Ada kasus di mana pagi mengaku menstruasi, eh malam ikut tadarus. Kok bisa?

    Berawal dari saya yang pergi ke rumah Tetangga karena ada sesuatu yang penting yang harus saya sampaikan. Btw, dia tidak online karena tak ada kuota internet. Lalu ketemulah sama anaknya dan saya berkomentar, kenapa dia enggak puasa? Anak itu baru kelas 2 SD memang. Saya pikir sudah mulai belajar. Kalau pun tidak kuat, bisa setengah hari. Lha waktu itu sudah masuk Ashar. Jadi saya agak kebingungan dengan model puasanya.

model baru

    Lalu Tetangga saya mulai cerita kalau sebelumnya dia tidak sahur. Makanya diizinkan untuk berbuka. Lalu cerita lain muncul di mana dia agak sambat karena ada Model Baru, pagi menstruasi dan malam tadarus. Belum lagi soal saudara dekat rumahnya yang jarang puasa sehingga membuat anaknya yang baru belajar jadi ikut seperti mereka. Anak lagi puasa, eh malah dimintain tolong buat nyuapin sepupunya. Lha ikut makan dong!

    Saya tertawa dan berujar, "Ya itu memang cobaanmu, Mbak. Biar lebih sabar"

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa ~ Surat Al-Baqarah Ayat 183

    Sebenarnya, saya sendiri banyak menemukan di mana orang yang KTP-nya Islam, tapi dia tidak puasa dan tak salat juga. Saya yang dulu mungkin akan mencak-mencak sambil ngasih wejangan. Namun saya yang sekarang, lebih santai. Dan dari surat di atas, yang punya kewajiban berpuasa itu orang yang beriman saja, bahkan orang-orang sebelum kita juga.

Apakah saya golongan yang tidak mengajak kebaikan?

    Saya bukannya tidak peduli ya. Mengingatkan sudah pasti, tapi saya juga melihat kapasitas saya sebagai siapa. Jika memang dekat, satu dua kali saya ingatkan. Jika tidak, ya sudah. Salat dan puasa itu urusan pribadi kita sama Tuhan. Saya tak ingin apa yang mereka lakukan hanya karena diminta manusia, bukan dari dasar hati sendiri.

    Mau Model Baru, mau yang enggak puasa sama sekali, yang penting saya sudah melakukan kewajiban saya sendiri. Saya tidak butuh penghargaan, pengakuan dari manusia. Biarlah Tuhan yang akan menilai bagaimana saya. Entah yang mereka lakukan berdosa atau tidak, saya tak ingin menghakimi. Biarlah itu menjadi urusan mereka dengan Sang Ilahi.

1 komentar

fanny_dcatqueen mengatakan...

Toossss, aku juga bukan tipe yg mau ceramah tiap saat kalo ngeliat orang begitu mba. Buatku ibadah urusan pribadi masing2 orang. Aku ga mau bawel ingetin orang2 yg memang ga mau. Biar aja semua datang Krn kesadaran sendiri. Kalo pun dia orang terdekat ku, cukup KSH tau 1-2x. Masih ga mau, udah bukan urusanku.