#30HariKebaikanBPN

Menyambut Lebaran

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Selamat hari lebaran
Minal aidin wal faizin
Mari bersalam-salaman
Saling bermaaf-maafan
Ikhlaskanlah dirimu
Sucikanlah hatimu
Sebulan berpuasa
Jalankan perintah agama

Tiba waktunya lebaran, tepatnya besok. Untung besok ya!

#30HariKebaikanBPN

17 Ramadan

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kapan momen terbaik ramadhanmu? Kenapa itu jadi yang istimewa?

Kalau bicara Momen terbaik ramadhan ini saya akan menjawab ada di tanggal 17 ramadan. Seperti kita ketahui, malam tanggal 17 itu disebut Nuzulul Quran atau waktu turunnya Alquran.

#30HariKebaikanBPN

Membuat Jajanan Lebaran

09.00

Bismillaahirrahmaanrrahiim....

Siapa yang suka buat Jajanan saat lebaran, cung! Eh maksudnya buat jajan saat ramadan sih, hahaha.

Beberapa hari lalu Mbak saya bikin jajanan. Jangan dibayangin buatnya kue kering kaya Nastar gitu ya. Karena sehits apa pun, mereka jarang ada di rumah. Alasan paling masuk akal itu karena belum bisa bikin dan belum ada alat. Jadi deh lebih baik beli yang sudah tahu rasanya kaya gimana.

#30HariKebaikanBPN

Ramadan Di Pesantren

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kamu lakukan selama ramadan?

Karena ramadan tahun ini random banget dan sepertinya biasa-biasa saja, saya mau cerita tentang ramadhan saya bertahun-tahun lalu. Setelah SD tuh ceritanya saya masuk pesantren. Kalau ditanya gimana rasanya, ya campur aduk. Karena kan kita membagi antara sekolah dan ngaji biar seimbang.

#30HariKebaikanBPN

Tradisi Lebaran

09.00

Bismillaahirrahamaanirrahiim....

Kalian punya Tradisi lebaran apa? Cerita yuk!

Bicara tradisi, sebenarnya di rumah saya termasuk melakukan sesuatu seperti keluarga pada umumnya. Atau sebenarnya sih saya tidak terlalu paham apa yang keluarga lain lakukan saat lebaran. Kalau di keluarga saya begini:

#30HariKebaikanBPN

Tak Ada Baju Baru Saat Lebaran

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Baju baru Alhamdulillah
Tuk dipakai di hari raya
Tak punya pun tak apa-apa
Masih ada baju yang lama

Bicara baju lebaran, saya lupa ini tahun ke berapa saya tidak ada baju baru. Missqueen ya sampai tidak sanggup beli baju?

#30HariKebaikanBPN

Buka Puasa Bersama Keluarga Daripada Teman

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadan memasuki hari ke-23. Sudah berbuka puasa bersama siapa saja nih?

Dua Puluh tiga hari Ramadan, alhamdulillah ya. Kalau ditanya saya sudah buka bersama siapa saja, jawaban saya adalah keluarga. Padahal di grup WhatsApp teman sekolah sudah pada ribut ngajakin buka bersama. Tapi ya itu, saya milih di rumah. Mungkin ada yang mikir, ini bokek atau enggak mau ngumpul sama teman ya?! Hahaha.


#30HariKebaikanBPN

Make Up Simpel Untuk Lebaran

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Suka dandan? Tiap hari atau saat tertentu saja?

Kalau saya sih jadi yang nomor dua, dandan saat tertentu. Dari dulu memang enggak hobi dandan. Tapi sekarang ini lumayan lah bisa bedakan atau pakai eyeliner. Lebih maju dari yang lalu, hehehe.

#30HariKebaikanBPN

Latihan Puasanya Anak-Anak

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Umur berapa sih sebaiknya kita mengenalkan puasa pada anak?

Saya belum tahu, belum ada anak sih, hahaha. Seperti yang saya tulis di Puasa Setengah Hari, saya lupa bagaimana dan awal mula orangtua saya mengajarkan puasa. Yang saya ingat itu, umur 5 tahun sudah puasa, bahkan sehari penuh walau tidak semua hari di Ramadan.

#30HariKebaikanBPN

2 Aplikasi Ini Sering Digunakan Saat Ramadan

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sejak kita menggunakan smartphone, kita jadi sering menginstal aplikasi. Apa saja sih yang ada di telepon pintarmu?

Kalau ditanya apa saja sih banyak. Ada yang bawaan, ada yang ngunduh sendiri seperti Instagram atau twitter. Banyak alasan kenapa kita, saya menggunakan aplikasi. Satu hal yang pasti, yaitu mempermudah kita membuka suatu website. Serba mobile gitu lah.

#30HariKebaikanBPN

Amalan puasa, Mudah Tanpa Modal

15.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadan menuju akhir nih. Sudah punya persiapan apa nih buat menjaring Lailatul Qodr? Apa? Belum ada apa-apa?

Anehnya kebanyakan masjid atau mushola mulai maju jama'ahnya. Tadinya ada 15 shaf atau barisan solat, sekarang jadi 10. Ada banyak alasan misalnya orang-orang mudik ke kampung halaman, pada sibuk ngerjain DL sebelum Libur Lebaran, dan lainnya.