Kurangi Sampah Plastik Dimulai Dari Diri Sendiri

07.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Buanglah sampah pada tempatnya

Tentu kita tidak asing dengan pernyataan ini. Pertanyaannya, sudahkan kita melakukannya?

Sampah menjadi salah satu masalah yang tidak boleh kita sepelekan terutama plastik. Sampah plastik itu bisa mencemari banyak hal mulai dari tanah, air, laut, bahkan udara. Plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 sampai 500 tahun hingga buda terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Sayangnya, masih banyak yang kurang peduli.


Freepik

Saya masih ingat, di desa tempat tinggal Mbah saya sebenarnya sudah disediakan tempat sampah 3 jenis. Ada tempat sampah organik, tempag sampah anorganik, dan tempat sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Karena kurangnya pengetahuannya dan lainnya, sampah ini sering kosong dan mereka malah membuangnya di sungai kecil di pinggir desa. Akibatnya, saat hujan desa itu sering terkena banjir.

Mengingatkan orang lain itu pekerjaan rumah yang cukup sulit karena tidak akan mudah untuk mengubah pikiran seseorang. Makanya nih saya sendiri kalau membahas sampah ya mulainya dari diri sendiri.

Apa saja sih yang sudah saya lakukan untuk mengurangi sampah plastik?


  • Pertama, saya belanja dengan membawa tas kain dari rumah. Awalnya memang aneh. Tapi setelah praktek sendiri, ternyata cukup menyenangkan. Jadilah kita tidak perlu membayar plastik belanjaan
  • Kedua, saya mulai dengan membuang sampah dan memilahnya, mana yang bisa didaur ulang dan bermanfaat buat kita
  • Ketiga, membeli makanan atau minuman dengan membawa tempat makan dan minum dari rumah. Kelihatannya ribet, tapi ini lumayan efektif untuk mengurangi sampah. Di sekolah-sekolah saat ini sudah mulai dibuat aturan seperti ini lho

Bicara tempat makan dan minum, saya sangat tertarik dengan produk dari Lock & Lock Indonesia. Jenisnya banyak dan lucu-lucu juga. Pastinya dipilih karena bahannya juga bagus dan aman. Pas banget deh berburu barangnya saat Harbolnas. Lumayan buat simpan makanan di kulkas juga.


Kenapa nunggu saat Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional?

Ya soalnya banyak promo, diskon menarik dan pastinya bikin kita syok karena harga-harganya yang miring. Asal tahu saja, kemarin tanggal 10 Oktober, nanti 11 November dan 12 Desember bisik-bisiknya akan ada program SUPER SYOK dari Blibli dengan promo yang tidak boleh kita lewatkan.

Selain itu, setiap kita belanja Minimal belanja 100.000 (tidak berlaku kelipatan) dan melakukan beberapa aktifitas yang direkomendasikan Blibli, kita akan mendapatkan 1 token selama periode bulan Oktober sampai Desember 2019. Nah Tokennya nanti bisa kita gunakan untuk main game capit di aplikasi Blibli. Dari main game capit ini, kita bisa dapat barang-barang secara random dengan harga yang bikin SYOK! Dalam waktu selama 24 jam untuk menebus produk yang didapat. Makanya, yuk kumpulikan token sebanyak-banyaknya biar bisa belanja puas tapi tetap hemat di kantong.

Untuk persiapan belanja Harbolnas nanti, jangan lupa catat barang-barang apa yang kita butuhkan bukan inginkan. Jika dapatnya acak, mungkin kita bisa jual kembali, hehehe. Catat jam dan juga persiapkan budgetnya ya.

Kalian sendiri sudah mulai diet plastik belum? Cara apa saja yang sudah kalian lakukan? Yuk mari kita mulai dulu dari diri kita sendiri. Kalau kita sudah terbiasa, nanti juga akan menular ke orang lain yang melihatnya. Tak perlu malu karena ini kan demi kebaikan bumi kita. Jika bumi kita sehat, kita juga akan bahagia dan anak cucu kita tetap bisa melihat keindahan tempat tinggal kita ini. Mari bijak penggunaan plastik!

You Might Also Like

1 komentar

  1. aku mah kalau belanja pakai tas kain, lalu kalau msh ada plastik keresek ditabung di bank sampah

    BalasHapus

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com