Perempuan Unik

Cerita Lain Aku dan Kamu

Diberdayakan oleh Blogger.

Lolos Kartu Prakerja

Hai ...., Selamat, kamu lolos sebagai Penerima Kartu Prakerja!

Saya membaca e-mail dengan takjub. Tidak menyangka akhirnya saya lolos sebagai Penerima Kartu Prakerja setelah 5 kali mendaftar. Kok bisa?

    Sejak Covid-19, keberadaan Kartu Prakerja ini jadi perhatian banyak orang. Sebenarnya program ini muncul saat kampanye Jokowi di tahun 2019. Lalu terealisasi saat pandemi melanda karena banyak orang yang mengalami pemutusan kerja. Harapannya, kartu ini bisa membantu mereka menghadapi masa sulit waktu itu.

    Saat orang beramai-ramai mendaftar, jujur saya belum tergoda. Sebagai freelance yang pemasukannya tidak menentu, saat itu saya pikir masih lebih beruntung daripada mereka. Alhamdulillah selama pandemi, kerjaan saya lancar dan cukup untuk hidup. Lalu kenapa akhirnya ikut daftar juga?

lolos kartu prakerja

    Jujur saya tertarik dengan pelatihannya. Mengutip dari prakerja.go.id, Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena waktu itu pandemi, jadi pelatihannya diadakan secara online. Saya ingin kursus, tapi uang untuk itu belum ada. Makanya saya ingin mendaftar Prakerja demi bisa mengasah apa yang mungkin saya minati.

    Mulailah saya mendaftar dengan memasukkan e-mail dan pasword. Lalu mengisi data-data yang dibutuhkan dengan berbekal KK dan KTP. Verifikasi, mengisi minat dan lainnya. Saya kemudian mengikuti tes kemampuan dasar yang menurut saya saat itu nilainya lumayan. Setelah pertama kali ikut di gelombang 13, saya gagal.

    Di gelombang 14, saya bergabung lagi dan gagal. Saya berpikir kenapa? Apa kuota penuh untuk daerah saya? Lalu gabung lagi pada gelombang 15 dan gagal. Kali ini karena NIK saya terdaftar di Kementerian Sosial. Lebih tepatnya, Ibu saya yang dapat bansos. Nasib lah ya karena KK masih sama orang tua.

    Gagal 3 kali bukan hal mudah untuk saya. Agak pesimis memang apa lagi Ibu saya masih menerima bansos. Jika aturannya masih sama dengan dulu di mana KK yang terdaftar menerima bantuan tidak akan lolos Prakerja, maka kecil peluangnya untuk saya. Dan kemudian pendaftaran itu dibuka kembali.

    Sebenarnya saya sudah mau mencoba saat bulan Maret 2023, gelombang 50 kalau tidak salah. Namun karena satu dan lain hal, saya tidak bisa memasukkan KTP. Akun saya aktif, tapi memang harus memperbarui data. Lalu di bulan Juli kemarin, ada yang mau bantuin untuk mendaftar.

kartu prakerja

    Sebenarnya saya bisa sendiri. Hanya saja, info yang saya dapat, Prakerja kali ini pelatihannya offline dan dibiayai. Yang lolos tinggal berangkat bawa badan saja. Saya pun tertarik karena saat itu berpikir bisa bertemu seseorang di kota tersebut. Biar kaya takdir di drama-drama gitu, hehehe. Di gelombang 58 saya pun mendaftar yang sayangnya gagal.

    Saya tertawa. Begitulah kalau niat awal saya kurang tulus. Mau bagaimana? Saya rindu, tapi sedikit bingung karena telah berjanji memberikannya waktu untuk dirinya sendiri. Lalu gelombang 59 pun dibuka. Saya hanya mencoba untuk bergabung, tak terpikir apa-apa. Lalu pengumuman pada Jumat, 11 Agustus 2023 itu muncul di mana saya Berhasil di Gelombang Lima Puluh Sembilan.

    Setelah 5 kali mendaftar, akhirnya lolos juga. Saya sedikit bingung, tapi senang sekali. Tuhan memberikan apa yang saya minta. Sekarang tinggal saya untuk memanfaatkan itu dengan baik, dengan niat yang lebih tulus, bukan untuk orang lain, tapi untuk diri saya sendiri.

    Saya mengikuti instruksi yang ada mulai dari menonton video induksi. Lalu memasukkan nomor rekening untuk insentif dan akhirnya dapat nomor Kartu Prakerja. Dana insentif tidak langsung masuk karena saya harus menyelesaikan latihan pertama terlebih dahulu dan memberikan rating.

    Karena dari awal yang saya inginkan adalah latihannya, bersyukur saldo pelatihannya bisa untuk 2-3 kelas. Saya pikir bisa langsung menghabiskan semuanya dengan membeli kelas. Namun ternyata, harus 1 dulu untuk diselesaikan. Kelas yang saya ikuti sendiri jadwalnya ada di pertengahan September nanti.

Lalu bagaimana dengan pelatihan offline seperti info yang saya terima?

    Mungkin yang memberikan info pada saya itu mendapat informasi yang keliru atau bisa saja itu untuk tahun depan. Sebenarnya saat saya mengecek kelas, ada memang yang langsung di lokasi, tapi itu di daerah Jakarta. Jelas saya tidak akan memilih itu karena jaraknya. Lebih baik pelatihan online saja.

    Begitulah cerita saya yang Lolos Kartu Prakerja. Saya tidak punya tips apa-apa karena ikut ini seperti adu keberuntungan saja. Next time mungkin saya akan share soal kelas yang saya ikuti. Tunggu postingan selanjutnya ya!

19 komentar

Keke Naima mengatakan...

Ternyata prakerja masih ada, ya. Saya jadi pengen lihat deh ke situsnya. Siapa tau anak saya tertarik. Terima kasih banyak infonya, ya

tantiamelia.com mengatakan...

waaah senangnya yang lolos kartu prakerja!
aku mencoba sampai berkali-kali gak tembus juga, memang rejeki itu udah dari sononya diatur yaaa

www.grandysofia.com mengatakan...

seru sih ikutan trainee di Prakerja, selamat ya mba sekali lagi udah lolos di Prakerja dan kegigihannya untuk selalu coba walaupun gagal 5x

Tian lustiana mengatakan...

seneng yay bisa lolos prakerja, saya kok nyoba berulang kali gagal maning huhuhu, ingin nyobain lagi deh

Leyla Hana mengatakan...

Alhamdulillah akhirnya lolos juga ya. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya ya benefitnya. Aku pengen daftar juga tapi takut males ikutan kursus-kursusnya wkwkw. Padahal bermanfaat banget itu ilmunya.

Okti Li mengatakan...

Selamat Mbak...
Saya juga sudah daftar sejak gelombang enam, sampai lima belas, tetap gagal terus...
Katanya kalau nik terdaftar di sana emang ga bisa buat pendaftaran baru lagi

Ya udah saya udah hampir sepuluh kali gagal, sampai sekarang jadi malas.
Padahal saya pun ingin ikut pelatihan nya itu

Milda Ini mengatakan...

Aku pernah daftar ini, gak lolos hehehe. tapi terus dapat konfirm dapat juga sejenis ini , tapi cuma sekali, hehehe. semangat yah semangat terus

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Alhamdulillah ya mbak, akhirnya lolos juga, gagal itu biasa dan memacu jadi tambah semangatkan. Ikut pelatihan tuh jadi nambah ilmu dan skill kita juga sebenarnya.

Nia K. Haryanto mengatakan...

Wuih keren. Banyak nih anak-anak muda di sini yang kepengen dapet kart prakerja ini. Bagus ya buat upgrade skill yang bisa jadi bekal untuk di dunia kerja nantinya. Semoga banyak deh yang bisa dapat dan menerima manfaat dari program ini.

Ophi mengatakan...

wah emang jodohnya sama yang ke lima puluh sembilan ya mba. ternyata program ini berguna sekali ya utk upgrade skill dengan gratis malah ada insetif juga ya

Lidya Fitrian mengatakan...

Gak sia-sia perjuangan mendaftarnya nih sampai 5 kali baru lolos. Aku pernah berminat daftar tapi lupa akhirnya. Nanti sharing lagi ya untuk pelatihan yang diambil

Dee_Arif mengatakan...

Wah, senangnya bisa lolos. Aku juga pengen bisa lolos pelatihan prakerja ini

Nita mengatakan...

Selamat ya kak, akhirnya lolos juga untuk dapat kartu prakerja. Akhirnya bisa ikut pelatihan yg kita inginkan, sepertinya boleh dicoba, nih, lumayan yaa pelatihannya bisa sangat bermanfaat.

Uminodaidokoro mengatakan...

alhamdulillah setelah 5x gagal, bisa lolos juga akhirnya ya mbak dan mengikuti pelatihan pada program kartu prakerja. semoga bisa mendapatkan ilmu yang dibutuhkan dan mendapatkan manfaat dari program ini mbak. ternyata tak semudah yang dikira yaa.

Dian farida ismyama mengatakan...

Wah selamat kak udah lolos pelatihan prakerja. Mantap lho masih semangat meskipun udah berapa kali ga lolos. Saya menunggu kelanjutan cerita kelas yang diikuti

Utie adnu mengatakan...

Aku juga lolos kak .. alhmdulillah lumayan banget bosa ikut pelatihan gratis juga ... Dapat ilmu baking and sertifikat .

Masih ada ternyata ya kupikir udah habis

Istiana Sutanti mengatakan...

Alhamdulillah, akhirnya ya mbak setelah gagal berkali kali, lolos juga. Ternyata cukup rumit juga dan menantang ya mendaftar kartu pra kerja ini.
Semoga pelatihannya nanti sangat bermanfaat dan bisa meningkatkan skillnya yaa.

Erin Herlina mengatakan...

Dulu semasa covid pernah daftar tapi tidak lolos. jadi pengin daftar lagi, nih. Siapa tahu beruntung, karena ada beberapa kelas yang pengin aku ikuti. Lumayan kalau lolos prakerja bisa hemat kantong. Hehe

Hanifa Setiatmadji mengatakan...

Waaahhh selamat Maaak. Pacarku juga lolos Alhamdulillah. Lumayan Mak dapetnya dan bisa dapet kesempatan kelas2 gratis juga kan ya