#30HariKebaikanBPN

Ramadan Di Pesantren

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kamu lakukan selama ramadan?

Karena ramadan tahun ini random banget dan sepertinya biasa-biasa saja, saya mau cerita tentang ramadhan saya bertahun-tahun lalu. Setelah SD tuh ceritanya saya masuk pesantren. Kalau ditanya gimana rasanya, ya campur aduk. Karena kan kita membagi antara sekolah dan ngaji biar seimbang.

#30HariKebaikanBPN

Tradisi Lebaran

09.00

Bismillaahirrahamaanirrahiim....

Kalian punya Tradisi lebaran apa? Cerita yuk!

Bicara tradisi, sebenarnya di rumah saya termasuk melakukan sesuatu seperti keluarga pada umumnya. Atau sebenarnya sih saya tidak terlalu paham apa yang keluarga lain lakukan saat lebaran. Kalau di keluarga saya begini:

#30HariKebaikanBPN

Tak Ada Baju Baru Saat Lebaran

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Baju baru Alhamdulillah
Tuk dipakai di hari raya
Tak punya pun tak apa-apa
Masih ada baju yang lama

Bicara baju lebaran, saya lupa ini tahun ke berapa saya tidak ada baju baru. Missqueen ya sampai tidak sanggup beli baju?

#30HariKebaikanBPN

Buka Puasa Bersama Keluarga Daripada Teman

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadan memasuki hari ke-23. Sudah berbuka puasa bersama siapa saja nih?

Dua Puluh tiga hari Ramadan, alhamdulillah ya. Kalau ditanya saya sudah buka bersama siapa saja, jawaban saya adalah keluarga. Padahal di grup WhatsApp teman sekolah sudah pada ribut ngajakin buka bersama. Tapi ya itu, saya milih di rumah. Mungkin ada yang mikir, ini bokek atau enggak mau ngumpul sama teman ya?! Hahaha.


#30HariKebaikanBPN

Make Up Simpel Untuk Lebaran

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Suka dandan? Tiap hari atau saat tertentu saja?

Kalau saya sih jadi yang nomor dua, dandan saat tertentu. Dari dulu memang enggak hobi dandan. Tapi sekarang ini lumayan lah bisa bedakan atau pakai eyeliner. Lebih maju dari yang lalu, hehehe.

#30HariKebaikanBPN

Latihan Puasanya Anak-Anak

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Umur berapa sih sebaiknya kita mengenalkan puasa pada anak?

Saya belum tahu, belum ada anak sih, hahaha. Seperti yang saya tulis di Puasa Setengah Hari, saya lupa bagaimana dan awal mula orangtua saya mengajarkan puasa. Yang saya ingat itu, umur 5 tahun sudah puasa, bahkan sehari penuh walau tidak semua hari di Ramadan.

#30HariKebaikanBPN

2 Aplikasi Ini Sering Digunakan Saat Ramadan

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sejak kita menggunakan smartphone, kita jadi sering menginstal aplikasi. Apa saja sih yang ada di telepon pintarmu?

Kalau ditanya apa saja sih banyak. Ada yang bawaan, ada yang ngunduh sendiri seperti Instagram atau twitter. Banyak alasan kenapa kita, saya menggunakan aplikasi. Satu hal yang pasti, yaitu mempermudah kita membuka suatu website. Serba mobile gitu lah.

#30HariKebaikanBPN

Amalan puasa, Mudah Tanpa Modal

15.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadan menuju akhir nih. Sudah punya persiapan apa nih buat menjaring Lailatul Qodr? Apa? Belum ada apa-apa?

Anehnya kebanyakan masjid atau mushola mulai maju jama'ahnya. Tadinya ada 15 shaf atau barisan solat, sekarang jadi 10. Ada banyak alasan misalnya orang-orang mudik ke kampung halaman, pada sibuk ngerjain DL sebelum Libur Lebaran, dan lainnya.

Kesehatan

Usir Demam Berdarah dengan Menanam Tumbuhan Ini

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Tahu kan kamu? Menanam tumbuhan tak hanya bikin hijau pekarangan, tapi juga bisa mengusir nyamuk demam berdarah. Apa saja tanaman yang tepat?

Demam berdarah merupakan penyakit berbahaya yang sudah sepantasnya bikin kita waspada. Pasalnya, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang berujung pada kematian jika tidak diatasi dengan cara yang tepat. 

#30HariKebaikanBPN

Lakukan 3 Ini Saat Mudik

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu punya Cerita mudik apa nih? Seru dan haru?

Mudik adalah pulang kampung, biasanya orang perantauan gitu dan waktu pulangnya adalah saat menjelang hari raya terutama Idul Fitri. Dan mudik ini kayanya sih hanya ada di Indonesia ya.

#30HariKebaikanBPN

Puasa Setengah Hari Karena Tergoda Tumis Keong Sawah

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadhan Saat Masa Kecil, saya termasuk anak tahun 90-an. Banyak banget cerita seru sebenarnya di masa ini. Kata orang sih tahun 90-an memang banyak warna dan saya pribadi belum move on dari masa ini. Kayanya baru kemarin tapi ya sudah lebih dari 20 tahun lalu.

#30HariKebaikanBPN

Tentang Berbagi

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Beberapa hari ini grup WhatsApp dari alumni SMA banyak banget chatnya. Usut punya usut, ternyata mereka ingin mengadakan buka bersama. Bagaimana dengan saya?

#30HariKebaikanBPN

Exclusive Lipstick Wardah, Melembabkan Bibir Saat Puasa

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Puasa-puasa gini panas ya? Mana bibir kering dan pecah-pecah juga.

Walaupun di daerah lain ada yang hujan, tapi di daerah saya tuh siang hari panas di atas 30°C. Pernah sekali hujan pas siang dan itu jadi dingin. Karena ini, bibir jadi mudah kering.

#30HariKebaikanBPN

Tidak Pernah Dapat THR

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

THR? Apa itu?

Masih puasa, jangan tanya THR pada saya dan saya pun sama sekali tidak mengharap untuk mendapatkannya. Ya iyalah. Freelance mana ada THR coba?

#30HariKebaikanBPN

Gaya Rambut Untuk Si Keriting

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Pernah enggak sih kamu merasa kurang cantik lantaran punya rambut keriting sementara yang lain lurus?

Saya pernah merasakan itu. Bukan soal keriting atau lurusnya sih, tapi lebih ke gaya rambut yang hanya itu-itu saja. Beda banget deh kalau rambut lurus. Keriting saya tuh kalau dipotong pendek suka mekar kaya Singa, rawr!

#30HariKebaikanBPN

Baju Tunik, Bukan Hanya Untuk Yang Berhijab

09.00

Bismilaahirrahmaanirrahiim.....

Setiap tahun trend fashion selalu berubah-ubah dan makin beragam. Kalau saya lihat, sekarang ini banyak banget hijaber yang memakai Baju Tunik. Jadi saya pikir wajar jika orang beranggapan bahwa Tunik identik dengan wanita berhijab. Padahal sih bukan!

#30HariKebaikanBPN

Si Berisik Panci Presto

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Siapa yang suka masak? Suka pakai Panci Presto enggak sih? Tahu cara menggunakannya?

Saya suka masak, kadang-kadang tapi memang jujur saja peralatan masak di rumah tuh masih sederhana banget. Saya belum punya peralatan yang canggih-canggih, bahkan Panci Presto saja belum punya. Ada keinginan untuk membeli. Tapi buat apa coba?

#30HariKebaikanBPN

Bau Mulut Berujung Maut

20.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Judulnya kok serem amat ya? Hahaha!

Jadi saya dapat cerita Bau Mulut ini waktu ikut Safari Ramadan di kampung. Selama bulan puasa ini, di tiap RT ada acara buka bersama yang bertempat di masjid dan musholanya. Begini ceritanya.

Kehamilan

Berikan Kesehatan Maksimal Janinmu dengan Penuhi Nutrisi Ini!

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sedang berbadan dua? Selamat ya!

Perubahan-perubahan selama kehamilan dialami oleh semua perempuan yang sedang mengandung. Hal itu tidak terlepas pula dari pola makannya. Dulu yang bisa makan secara sembarangan tetapi saat hamil harus lebih pintar. Jangan pilih makanan yang mengandung nutrisi buruk, pastikan semuanya mempunyai manfaat baik untuk kesehatan dan perkembangan janin. Ternyata maksimalnya tumbuh kembang janin selama dalam perut itu bergantung dari pola makannya setiap hari dan ini harus diperhatikan dengan baik dari Ibunya.

#30HariKebaikanBPN

Stop Lakukan Ini Pada Jerawatmu

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Jerawatan? Oh no!

Jerawatan di muka itu kadang bikin enggak percaya diri. Sering malahan. Bawaannya gatel pengen pencetin satu-satu.

Saya alhadulillah punya muka normal dan jarang jerawatan. Sekalinya jerawat muncul, kadang tuh sama teman dikatai lagi galau sama pacar lah, ini lah, itu lah. Padahal sih Jerawat ini muncul karena beberapa hal seperti:

#30HariKebaikanBPN

Wah, Ketombean Nih!

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kata siapa wanita berhijab aman dari ketombe? Hah? Bercanda ya?!

Secara dzohir, berhijab itu memang aman dari ketombe. Ya kan enggak kelihatan karena tertutup. Tapi kalau kita tidak jaga kebersihan kepala, ketombe akan datang dan rasanya pasti gatal sekali. Enggak lucu banget sudah dandan lama, hijab ini itu tapi garuk-garuk kepala.

#30HariKebaikanBPN

4 Alasan Tidak Memanfaatkan Promo Belanja Online

21.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadan, berarti banyak banget Promo Belanja Online. Siapa yang mau ngelewatin coba?

Biasanya nih kita selalu menunggu promo online shop saat ramadan. Banyak banget yang ditawarkan dengan harga yang relatif miring. Hampir semua toko online berlomba-lomba memberikan diskon.

Mobil

Cara Mendapatkan Keuntungan dari Flash Sale Seva Id

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Siapa yang tidak suka Flash sale?

Flash sale jadi aktivitas belanja online yang begitu sangat menggembirakan dan paling banyak disukai. Terlebih lagi untuk membeli mobil yang memang harganya tidak terlalu murah. Oleh karena itu, memperhatikan segala hal sebelum membayar mobil menjadi solusi yang harus diperhatikan. Untuk mendapatkan harga mobil yang murah, maka kamu bisa mengikuti acara Seva.id yang mengadakan acara yang dikenal sebagai sale kilat.

#30HariKebaikanBPN

Nasi Goreng yang Gagal

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Siapa sih yang enggak suka Nasi Goreng?

Nasi Goreng, katanya sih ini dibuat dari nasi sisa. Padahal sih iya, hahaha. Eh enggak juga ding. Kalau di resto gitu kan memang jadi menu sarapan. Atau warung-warung memang ada yang sengaja jual dan biasanya laris manis apalagi buat anak kos dan yang hobi begadang.

#30HariKebaikanBPN

4 Bahan yang Sering Terlewat Dalam Sayur Asem

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Siapa yang suka Sayur Asem ngacung?! Bisa buatnya?

Saya tidak terlalu suka Sayur Asem dan tidak bisa buat dalam versi yang enak. Sebenarnya saya kurang suka masakan berkuah. Paling makan pas lagi pengen aja. Hari-hari biasa sukanya sejenis tumis sayur atau hanya kuah untuk membasahi nasi.

#30HariKebaikanBPN

Krecek Sambal Kacang Skippy

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Masuk puasa hari ketiga, masih pada semangat kan? Saya sih semangat banget karena hari ini masak, hehehe. Nyonya rumah sedang bepergian, jadilah saya yang ambil alih tugas masak buat berbuka dan sahur nanti.

#30HariKebaikanBPN

Merah Senja Saat Puasa

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu suka senja? Suka laut? Bagaimana dengan Senja Saat Puasa?

Saya suka senja dan laut. Mungkin karena saya tinggal di kota yang dekat pantai. Kota Ukir punya banyak pantai di hampir tiap sudut. Jadi kalau bosan dengan pemandangan Pantai A, kita bisa lari ke Pantai B dengan jarak yang cukup dekat.