Bau Mulut Berujung Maut

20.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Judulnya kok serem amat ya? Hahaha!

Jadi saya dapat cerita Bau Mulut ini waktu ikut Safari Ramadan di kampung. Selama bulan puasa ini, di tiap RT ada acara buka bersama yang bertempat di masjid dan musholanya. Begini ceritanya.

Alkisah ada seorang Raja. Namanya juga Raja jadi kaya, berwibawa, ya banyak kehormatan lainnya lah. Raja ini punya kenalan seorang yang berilmu, sebut saja Alim. Alim juga mengingatkan Raja untuk berpuasa.

Melihat kedekatan Raja dan Alim, seorang bernama Khasud ini benci setengah mati. Dia tidak suka dan merencanakan sesuatu untuk memecah belah. Dia pun datang pada Raja dan berujar,

"Raja, si Alim itu tidak sopan. Dia menghinamu, Raja. Ketika berbicara padamu, dia menunduk. Mungkin besok malah akan menutup mulut karena menganggap Raja itu bau,"

Raja tidak percaya, tapi penasaran juga dengan ucapan Khasud. Jadi beliau pun memanggil Alim untuk datang ke istana.

Di perjalanan sebelum sampai ke Istana, Khasud sengaja menghadang Alim dan memintanya untuk mampir. Karena tidak enak hati, Alim pun mampir. Di rumah itu, Khasud sengaja menyiapkan makanan yang menyebabkan bau mulut. Setelah Alim makan, dia baru sadar saat itu mulutnya bau. Dia pun melanjutkan perjalan ke Istana.

Saat berbicara pada Raja, Alim selalu menutup mulutnya dan memalingkan wajah karena merasa kurang PD. Raja tidak tahu itu dan merasa sangat terhina. Sebelum pulang, Raja menitipkan surat pada Alim untuk diberikan pada Algojo.

Khasud melihat bahwa Alim membawa surat. Dia pikir itu berharga dan berniat untuk mengambilnya. Lagi-lagi Alim tidak enak hati dan memberikan itu pada Khasud. Khasud pun menerima itu dengan bahagia.

Setelah sampai di tempat Algojo, ternyata apa yang Khasud pikir semua salah. Raja memerintahkan, siapa pun yang membawa surat itu harus dipenggal dan dikuliti. Kepalanya harus dibawa ke istana. Wagelasih! Matilah itu Khasud.

Ketika kepala sampai pada Raja, beliau kaget karena bukan itu yang diinginkan. Raja pun meminta keterangan pada Alim tentang dia yang menutup mulut saat berbicara pada Raja. Ya akhirnya Raja tahu bahwa Alim tidak percaya diri karena bau mulut. Duh jangan sampai ya gara-gara ini berujung maut. Eh tapi yang betul sih kita tidak boleh jahat ya. Malah celaka sendiri kan.

Apa Sih Penyebab Bau Mulut Itu?


Ada beberapa sebenarnya. Seperti Mulut Kering kaya kita pas lagi puasa gini. Bisa juga karena gangguan pencernaan, Asam Lambung yang naik, Kena Diabetes bahkan infeksi saluran pernapasan.

Kaya cerita saya di atas, bau mulut bisa disebabkan karena makanan. Meski efeknya cuma sebentar, tapi tetap menimbulkan bau dan jelas bikin kita tidak nyaman.

Makanya nih kudu tetap jaga kesehatan mulut seperti dengan Menyikat Gigi 2 kali sehari, perbanyak minum air putih, kurangi rokok, jangan berlebihan saat ngopi, dan kunyah bahan yang bisa menetralisir bau seperti kulit Lemon, Peterseli, atau makan Apel dan Wortel.

Nah kalian sendiri ada cerita tentang Bau Mulut juga? Bagaimana cara kalian mengatasinya?

You Might Also Like

1 komentar

  1. Syukurin deh si Khasud. Makanya jgn suka menghasut orang *upss jadi esmoni gini.
    Kalau saya sih menghilangkan bau mulut bisa juga dengan kumur obat kumur Mbak, atau siraman daun sirih, tradisional gitu deh.

    BalasHapus

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com