Perempuan Unik

Cerita Lain Aku dan Kamu

Diberdayakan oleh Blogger.

2 Aplikasi Ini Sering Digunakan Saat Ramadan

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sejak kita menggunakan smartphone, kita jadi sering menginstal aplikasi. Apa saja sih yang ada di telepon pintarmu?

Kalau ditanya apa saja sih banyak. Ada yang bawaan, ada yang ngunduh sendiri seperti Instagram atau twitter. Banyak alasan kenapa kita, saya menggunakan aplikasi. Satu hal yang pasti, yaitu mempermudah kita membuka suatu website. Serba mobile gitu lah.

Karena kebutuhan juga, sehari-hari lumayan banyak aplikasi yang saya buka seperti:
  • WhatsApp
  • Gmail
  • Twitter
  • Instagram
  • WPS Office
  • Catatan
  • Google Chrome

Yang saya sebut di atas itu hampir tiap jam dibuka. Kalau histori kelihatan detailnya, sudah pasti banyak banget catatan jejaknya, hahaha.


Masuk bulan suci ini ada tambahan Aplikasi yang digunakan selama Ramadhan. Apa itu?

  • Alarm
Saya sebenarnya orang yang pelor. Di ramadan ini jam tidur dan jam kerja juga berubah. Mau merem di awal jam itu enggak bisa karena ada tanggungan kerjaan. Setelah pulang tadarus jam 9-an, Jam 11 sebelas malam baru kelar kerja. Main bentar, nonton drama biar jadi kebahagiaan sederhana akhirnya tidur pukul 00.00 atau maksimal 01.00. Karena sahur, saya jadi pasang alarm biar enggak kelewat jam. Apalagi tuh waktu ditinggal pergi dan tak ada yang bangunin. Alarm itu wajib banget deh!

  • Alquran

Meski sudah ikut tadarus di mushola terdekat, saya tetap nyedian aplikasi Alquran. Bukan hanya dipakai buat ramadan, tapi kapan saja pas mau baca Alquran. Saya pakainya versi offline dan itu lumayan cukup. Ada bookmarks, surat-surat itu pasti, pembatas juz dan pasti terjemahan bahasa Indonesianya. Ada sih bagian buat suara, tapi harus ngunduh. Saya belum coba.

Untuk Imsak atau waktu berbuka, saya tidak menggunakan. Pas sahur memang memilih waktu akhir, makan, wudhu, minum bentar sudah imsak. Kalau saat buka, kadang ikut Safari Ramadan, atau nungguin adzan di TV sambil ngerjain sesuatu. Sudah beres deh.

Saya berusaha untuk memakai aplikasi yang secukupnya saja dan pasti dipakai. Tujuannya ya biar enggak terlalu beratin smartphone. Aplikasi buat pengingat, jadi manfaatin ini dengan baik. Apalagi sudah masuk 10 akhir ramadhan ya! Coba deh puter alarmnya buat nambah solat malamnya!

Tidak ada komentar