Latihan Puasanya Anak-Anak

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Umur berapa sih sebaiknya kita mengenalkan puasa pada anak?

Saya belum tahu, belum ada anak sih, hahaha. Seperti yang saya tulis di Puasa Setengah Hari, saya lupa bagaimana dan awal mula orangtua saya mengajarkan puasa. Yang saya ingat itu, umur 5 tahun sudah puasa, bahkan sehari penuh walau tidak semua hari di Ramadan.


Kalau ditanya baiknya ngenalin puasa itu kapan, saya pikir sejak dini kita harus mengingatkan mereka. Bukan hanya soal puasa, tapi akidah-akidah yang kita anut. Jangan lupa untuk mencontohkan juga karena anak adalah peniru terbaik.

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil



  • Beri pengertian tentang puasa. Anak zaman sekarang itu realistis, jadi kita pun harus begitu. Kalau saya mengenalkan puasa pada keponakan itu dengan mengatakan bahwa puasa itu bikin sehat, puasa untuk menahan diri, puasa biar pencernaannya istirahat. Saya tidak bilang nanti dapat pahala dan lainnya. Kalau ditanya bentuk pahala gimana, pusing nanti sayanya.
  • Latihan menahan diri. Untuk anak sekarang tuh usia TK, 4-5 tahun sudah bisa dikasih pengertian. Mungkin mereka enggak ikut sahur ya, jadi diganti makan saat mau sekolah. Selama sekolah sampai siang atau dzuhur baru makan lagi. Kalau Ashar lapar, ya dikasih enggak apa-apa. Tapi bagus lagi kalau sampai Magrib.
  • Latihan menahan diri tahap 2. Ini dengan cara kita mengenalkan sahur. Makannya ya pas sahur lalu dzuhur baru makan lagi dan lanjut sampai magrib.
  • Puasa penuh. Sekiranya anak mampu, ya hayuk diajak puasa penuh. Usia 6-7 tahun sudah bisa kok, tergantung kondisi.
  • Masak apa yang anak suka biar semangat.
  • Jangan bandingkan anak. Saya rasa ini perlu banget. Fokus pada anak sendiri, enggak usah mikir anak lain yang sudah bisa puasa penuh atau malah tidak puasa.
  • Beri pujian dan penghargaan. Anak memang haus akan pujian. Jadi kalau sudah berhasil puasa, minimal pujian diberikan. Kalau penghargaan, bisa lah dikasih pas lebaran.

Itu tips berpuasa untuk anak-anak dari yang belum punya anak, hehehe. Yang jelas sih walau saya enggak puasa dan anak sedang belajar puasa, saya enggak akan makan atau minum di depannya. Soalnya saya pernah ketahuan sekali sama keponakan. Eh diungkit-ungkit terus. Malu banget deh, hahaha.

Kalau tips dari kalian agar anak-anak rajin puasa itu gimana sih?

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com