Baru Juga Puasa, Sudah Mikir Buka

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Marhaban ya Ramadan! Selamat datang bulan penuh keberkahan!

Bagaimana puasa hari pertama ini? Masih pada semangat? Atau malah memulainya dengan bolong?

Hari pertama ini saya biasa saja. Kalau dibilang semangat ya semangat, tapi ya gitu. Gitunya itu niat saya mau sekalian diet. Makanya enggak terlalu sibuk mikir mau masak apa dan bagaimana.

Karena semalam Kakak saya bawa bahan makanan kaya Tempe, Sayur dan Ikan, pagi ini saya enggak ke pasar. Mau habisin bahan yang ada dulu baru besok belanja lagi. Tapi namanya puasa ya kadang tuh ingin ini lah itu lah, kaya semua diinginkan.

Biasanya nih untuk Buka Puasa saya dan keluarga membeli Cincau dan juga Cendol. Karena tidak ke pasar, waktu ada Tukang Sayur lewat, saya enggak kebagian Cincau! Nanti buka pakai apa coba?!


Akhirnya nih saudara saya nyaranin buat bikin Cincau sendiri dari Daun Cincau. Kebetulan dia memang punya tanaman ini dan menjalar panjang banget. Karena anak dan suaminya tidak di rumah, mau bikin juga malas sebab dimakan seorang diri. Makanya tuh saya diajarin buat bikin biar tanamannya enggak mubadzir.

Nama tumbuhan Cincau itu Mesona spp. dan Hokkian sienchau (xiancao) biasa dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri itu kaya akan kalsium dan fosfor. Pas banget buat saya yang mau diet karena rendah kalori namun tinggi serat. Terus dipercaya bisa meredakan panas dalam dan menyehatkan pencernaan.

Ini Bahan dan Cara Membuat Cincau Hijau

  • Ambil Daun Cincau Hijau secukupnya. Saya sih sebaskom, enggak hitung berapa lembar
  • Siapkan air matang
  • Rebus air secukupnya sampai setengah matang
  • Masukkan Daun Cincau Hijau pada air panas untuk menghilangkan bau langu
  • Setelah layu, blender daun dan tambahkan sedikit air matang
  • Peras Cincau blender perlahan
  • Blender ulang dengan tambahan air matang dan peras sampai secukupnya
  • Diamkan dalam suhu ruang sekitar 2 jam. Jadi deh Cincau Hijaunya
Hijau tua, tapi kaya hitam

Tadinya saya kira bikin Cincau itu direbus, ternyata bukan. Makanya pakai airnya itu air bersih buat minum bukan mentah. Buat Buka Puasa, nanti bisa ditambah rebusan santan dan gula merah atau sirup sesuai selera kita. Mudah kan?

Ada yang pernah buat Cincau Hijau juga? Kalian Buka Puasanya pakai apa nih?

You Might Also Like

1 komentar

  1. Boleh dicoba nih resepnya, makasih yaa..

    Btw mampir balik kak hehe

    BalasHapus

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com