Tidak Pernah Dapat THR

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

THR? Apa itu?

Masih puasa, jangan tanya THR pada saya dan saya pun sama sekali tidak mengharap untuk mendapatkannya. Ya iyalah. Freelance mana ada THR coba?

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya jelang hari raya keagamaan di Indonesia. Seperti kita tahu bahwa Agama di Indonesia ada banyak macamnya. Kalau Islam ada Idul Fitri, Kristen Katolik ada Natal, Hindu ada Nyepi, Konghucu ada Imlek, dan umat Budha yang hari ini merayakan Waisak.


Pemerintah Indonesia sendiri netapin dasar hukum THR melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan Permenaker 6/2016 (Wikipedia).

Tapi apa semua Perusahaan, pemilik usaha memberikan itu?

Oh tidak. Ada sih dikasih uang, tapi memang tidak menunjang untuk hari raya. Bukan saya tidak bersyukur, tapi begitu adanya.

Saya ingat waktu pertama kali kerja adalah dengan orang asing di sebuah showroom. Peraturan kerja ya sesuai beliau. Istilah kenaikan gaji tak ada, asuransi juga tidak. Tapi masih mending lah ada uang jajan saat Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha walau tidak sampai satu bulan gaji.

Ketika saya pindah kerja di perusahaan di mana bosnya orang lokal, saya pikir hilal THR akan ada mengingat kerja saya juga cukup 'Berat'. Tapi ternyata malah lebih parah. Tahun pertama kerja tak ada tunjangan apa pun, uang jajan juga enggak ada. Tahu tidak apa katanya? Kerjamu itu-itu saja dan kamu tahu kan perusahaan kita baru dirintis? Ini perusahaan baru, jadi tidak ada THR.

Sedih? Ya saya hanya menerima keadaan itu. Saya sadar betul, tak ada harapan THR jika bekerja pada perusahaan kecil. Tidak semua pemilik usaha dengan mudah mengeluarkan uang walau sudah ada aturan dari Menteri Ketenagakerjaan.

Tidak dapat THR ya tidak masalah sih. Yang penting kita rajin berusaha untuk bekerja dengan baik dan jujur. Tidak usah menunggu Hari Raya, jika sudah rejeki kita, akan dapat juga. Tetap syukuri rejeki yang ada dan selalu bijak mengelola keuangan.

Kalian ada yang Tidak Pernah Dapat THR juga? Oh jangan-jangan malah yang ngasih THR nih! Semoga berkah ya!

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com