Ramadan Di Pesantren

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kamu lakukan selama ramadan?

Karena ramadan tahun ini random banget dan sepertinya biasa-biasa saja, saya mau cerita tentang ramadhan saya bertahun-tahun lalu. Setelah SD tuh ceritanya saya masuk pesantren. Kalau ditanya gimana rasanya, ya campur aduk. Karena kan kita membagi antara sekolah dan ngaji biar seimbang.

Mengisi waktu selama ramadhan di pesantren itu dimulai tanggal satu puasa. Tapi saya suka bandel dan balik ke pesantren itu tanggal 2 puasa. Alasannya sih mau buka puasa sama keluarga dulu. Dan biasanya awal ramadan sekolah itu libur. Jadilah maksimal tanggal 2 harus kembali.


Ngaji selama ramadan itu beda dengan ngaji harian. Kami biasanya ngaji kitab lain khusus saat ramadhan. Kitab baru gitu deh dengan pembagian jadwal pengajar yang sudah ditentukan.

Dimulai setelah Ashar sekitar pukul 16.00-17.00 kami ngaji kitab. Ba'da Magrib, ngaji Alquran seperti hari biasa. Lalu solat Isya' dan Tarawih. Biasanya sih ke masjid yang dekat pesantren karena Bapak (Panggilan untuk Pak Kyai) dapat giliran untuk jadi imam. Setelah itu kami ngaji kitab dengan 2 pengajar. Yang pertama Bapak, yang kedua guru lain. Terakhir itu ba'da Subuh, lagi-lagi kitab.

Enggak ada solat malam bersama atau libur?

Di pesantren tempat saya ngaji enggak ada keharusan bangun malam dan lainnya. Malam setelah ngaji itu hak kami, jadi siapa yang mau solat saja karena ini urusan pribadi kita dengan Tuhan. Untuk libur selama ramadan tidak ada. Paling tuh hari Jumat pagi dari ngaji kitab diganti ngaji Alquran.


Dan jadwal ngaji kami tuh hanya sampai tanggal 20-an ramadan. Biasanya malam 23 ramadhan ada khataman dari semua kitab yang kami gunakan. Saya lupa bagaimana keseluruhan acaranya, tapi yang pasti di akhir itu ada makan bersama.

Jangan dibayangkan makannya dalam piring sendiri-sendiri atau pakai nasi kotak. Nasi yang disediakan itu dalam satu nampan besar dengan lauk pauk sederhana. Nah kami pun makan bersama di situ, pakai tangan. Catatannya adalah keberkahan ada di akhir.

Nah, bagaimana cara kalian mengisi waktu selama ramadhan ini?

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com