Tradisi Lebaran

09.00

Bismillaahirrahamaanirrahiim....

Kalian punya Tradisi lebaran apa? Cerita yuk!

Bicara tradisi, sebenarnya di rumah saya termasuk melakukan sesuatu seperti keluarga pada umumnya. Atau sebenarnya sih saya tidak terlalu paham apa yang keluarga lain lakukan saat lebaran. Kalau di keluarga saya begini:

Malam Takbiran. Waktu kecil sih saya ke mushola, takbiran gitu sampai entah jam berapa. Main petasan juga pernah. Ramai banget. Sesudah besar dan jarang di rumah, malam hari jadi malam yang santai. Saya biasanya pergi zakat fitrah lalu pulang, kadang menyiapkan masakan dan lainnya. Jika ada acara Pawai Obor dan keponakan ikut, saya biasanya ikut buat jaga dia. Kudu kuat karena jalan keliling kampung.

Pagi hari kami pergi ke masjid untuk solat Ied. Acara dimulai biasanya pukul 06.30-07.30 dan dilanjutkan salam-salaman dengan jama'ah.


Pulang ke rumah, kami sungkeman, maaf-maafan bersama keluarga inti. Ini saja kadang sudah ada yang datang karena Mbah saya anak tertua. Makanya make up simpel untuk lebaran itu wajib. Kalau sudah begini, enggak ada yang ribut pakai baju baru atau tidak saat lebaran.

Setelah maaf-maafan dengan keluarga inti, kami biasanya keliling kampung. Ya enggak semua sih, ke RT terdekat saja sama ke pemuka agama di kampung.

Setelah itu, kami pergi ke rumah Mbah dari pihak Ibu. Sudah deh ngumpul, makan-makan lagi dan duduk manis sampai siang. Setelah siang, bebas mau ke mana saja. Kadang ya kami mudik ke rumah Mbah saya yang lain, kadang ke rumah saudara yang beda desa.

Tidak ada nyekar di Tradisi Lebaran?

Kalau di kampung saya itu ziarah kubur bersama dilakukan sebelum lebaran, H-2 biasanya dan dilakukan ba'da Ashar. Dulu sih saya pernah ikut tapi ke kuburan Mbah saya saja. Habis itu di rumah dan memang jarang ziarah kubur. Perempuan kan hukumnya makruh.

Kalau di keluarga lain makan-makan setelah maaf-maafan, kalau di keluarga saya sih itu jadi sesi kedua makan. Sebelum berangkat solat Ied kita sarapan dulu sedikit biar enggak lapar.

Betulan umum banget kan apa yang keluarga saya lakukan? Kalau di keluargamu sendiri gimana?

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com