Usir Demam Berdarah dengan Menanam Tumbuhan Ini

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Tahu kan kamu? Menanam tumbuhan tak hanya bikin hijau pekarangan, tapi juga bisa mengusir nyamuk demam berdarah. Apa saja tanaman yang tepat?

Demam berdarah merupakan penyakit berbahaya yang sudah sepantasnya bikin kita waspada. Pasalnya, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang berujung pada kematian jika tidak diatasi dengan cara yang tepat. 


Nah, bagi kamu yang masih sehat dan tak ingin mengalami penyakit demam berdarah, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menanam tumbuhan. Fakta medis mengungkapkan bahwa beberapa jenis tumbuhan memang terbukti mampu menangkal nyamuk demam berdarah. Beberapa jenis tumbuhan yang dimaksud antara lain:


1. Serai
Selain bisa digunakan untuk memasak, daun serai ternyata juga bisa membatu mengusir nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah. Ini berkat kandungan atsiri dan sitronela yang ada di dalam daun serai.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cobalah untuk menaburkan daun serai ke atas penampungan air. Jika ingin mencoba metode lain, kamu bisa merebus daun serai dan gunakan airnya untuk mengepel lantai rumah.

2. Cengkeh
Cengkeh juga mengandung atsiri yang mampu mengganggu sistem saraf pada nyamuk. Selain itu, tumbuhan yang lebih dikenal sebagai cengkeh ini juga mengandung flavonoid yang mampu melumpuhkan saraf pernapasan nyamuk sehingga membuatnya mati.

3. Rambutan
Ekstrak biji rambutan yang dipaparkan selama 24 jam mampu memusnahkan jentik nyamuk Aedes aegypti hingga 80 persen. Hal ini membuktikan bahwa rambutan, terlebih bijinya, bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk memusnahkan jentik nyamuk (larvasida).

4. Kunyit
Layaknya serai dan cengkeh, kunyit juga mengandung atsari yang mampu pembasmi nyamuk demam berdarah. Selain itu, konsumsi kurkumin yang ada pada kunyit juga terbukti efektif mengoptimalkan proses pemulihan penyakit demam berdarah.

5. Melati
Bagian bunga dari tanaman melati mengandung minyak atsiri yang biasa digunakan untuk membasmi nyamuk. Menurut Penelitian oleh Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (BALABA), melati adalah tanaman yang memiliki efektivitas paling tinggi dibanding tanaman lain dalam hal pembasmian nyamuk. 

Jangan tunggu demam berdarah hingga benar-benar terjadi. Segera lakukan tindakan pencegahan dengan menanam tumbuhan yang telah disebutkan. Iringi perilaku tersebut dengan 3M plus, yaitu menguras atau membersihkan tempat penampungan air; menutup rapat tempat yang dapat menampung air; mendaur ulang barang bekas; dan menabur bubuk abate di penampungan air, memakai kelambu saat tidur, serta memelihara ikan pemakan jentik. 

Source : Klikdokter

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com