4 Bahan yang Sering Terlewat Dalam Sayur Asem

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Siapa yang suka Sayur Asem ngacung?! Bisa buatnya?

Saya tidak terlalu suka Sayur Asem dan tidak bisa buat dalam versi yang enak. Sebenarnya saya kurang suka masakan berkuah. Paling makan pas lagi pengen aja. Hari-hari biasa sukanya sejenis tumis sayur atau hanya kuah untuk membasahi nasi.

Bicara Sayur Asem saya ada cerita. Dulu zaman sekolah SD setelah tes, ada satu hari bagi para Siswa diminta untuk membawa bekal. Waktu itu Guru saya bilang enggak boleh bawa Nasi Goreng atau Mie Goreng di mana ini jadi masakan paling simpel untuk dibawa. Karena pagi hari sedikit repot dan tidak boleh bawa 2 makanan itu, saya membawa apa yang ada di rumah yaitu Sayur Asem dan Ikan Goreng. Dan ternyata nih teman sekelas pada bawa Nasi Goreng dan Mie Goreng. Kan ngeselin banget karena hanya sarapan saya yang terlihat berbeda!!!

Apa karena itu saya jadi kurang suka Sayur Asem?

Oh tidak. Seperti yang saya bilang di atas, ini soal kebiasaan saya dulu yang jarang makan masakan berkuah.

Kalau makan Sayur Asem di rumah makan, kadang ya saya itu penasaran, apa sih yang mereka masukkan? Kenapa kok rasanya beda dengan buatan Nyonya Rumah? Apa yang berbeda dari Resep sayur asemnya?

Setelah diamati dan dirasa-rasakan, ternyata saya melewatkan 4 bahan yang harusnya ada di Sayur Asem. Apa itu?

Shutterstock
  • Daun Salam
Di belakang rumah ada pohon Salam yang besar dan tinggi. Karena alasan ini, saya jadi jarang menggunakan Daun Salam pada masakan kecuali Nyonya Rumah sudah menyediakan.

  • Lengkuas
Saya hampir tidak pernah menggunakan Lengkuas pada masakan. Jika masak Ayam pun paling pakai Jahe dan Kunyit. Hanya di saat tertentu saja baru nyediain Lengkuas di rumah

  • Gula Merah
Sayur Asem buatan Nyonya Rumah itu warnanya bening karena pakainya Gula Putih. Dan Sayur Asem yang saya coba di luar tuh warnanya coklat karena pakainya Gula Merah. Saya kira sih karena sayurnya

  • Asam Jawa
Rasa asam di Sayur Asem itu biasanya pakai air Asam Jawa. Kalau di rumah itu Sayur Asem yang enggak asem. Kalau mau asem ya pakai Belimbing Wuluh

4 Bahan yang saya sebut adalah kunci dari Resep Sayur Asem yang enak tapi sering tidak saya masukkan makanya rasanya kurang mantul. Lalu apa saya sendiri sudah coba?

Belum, hehehe. Sore ini ada acara Buka Bersama. Kalau saya bikin Sayur Asem, nanti malah enggak kemakan, kan sayang. Jadi next time saya akan buat sekalian cari bahan di pasar. Kalau Resep Sayur Asem versimu sendiri bagaimana?

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kalau mama masak, pasti ada sih 4 bahan itu, soalnya kurang syedap aja jika nggak lengkap

    BalasHapus
  2. betul sekali, paling seger dimakan di siang hari

    BalasHapus

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com