Amalan puasa, Mudah Tanpa Modal

15.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadan menuju akhir nih. Sudah punya persiapan apa nih buat menjaring Lailatul Qodr? Apa? Belum ada apa-apa?

Anehnya kebanyakan masjid atau mushola mulai maju jama'ahnya. Tadinya ada 15 shaf atau barisan solat, sekarang jadi 10. Ada banyak alasan misalnya orang-orang mudik ke kampung halaman, pada sibuk ngerjain DL sebelum Libur Lebaran, dan lainnya.

Jika malamnya terlalu sibuk karena itu adalah hak kita menikmati hari, saat puasa esok hari adalah hak Tuhan. Sambil kerja dan lainnya, kita tetap bisa lho melakukan Amalan puasa, Mudah Tanpa Modal. Ini dia:

  • Mendengarkan Alquran
Tidak sempat buka Alquran bahkan lewat aplikasi, kita tetap bisa mendengarkannya kan. Ini juga bernilai pahala lho. Kalau saya sih saat mendengarkan Alquran kaya Juz 30 gitu jadi auto ikut hafalan deh.

  • Dzikir
Ini juga tanpa modal ya. Kita bisa mengingat Tuhan kapanpun dan di manapun. Dalam hati juga bisa. Pilihan bacaan dzikir juga banyak, enggak akan bosan deh.

  • Tidur
Ini tanpa modal banget. Sering kan dibilangin bahwa tidurnya orang puasa bernilai ibadah. Tapi bukan berarti kita seharian tidur dari Subuh sampai Magrib dan hanya bangun pas solat saja. Meski dapat pahala, tidur secukupnya saja karena lebih banyak pahala jika kita melakukan sesuatu dengan niat ibadah misal dengan bekerja.

Tiga hal di atas mudah banget kan dan bernilai pahala juga. Tapi diam-diam saja tak perlu ngumbar ke sana ke mari sok punya banyak tabungan pahala. Semua pembalasan itu tugasnya Tuhan.

Nah kalau kita punya rizki, habis dapat THR enggak ada salahnya lho buat sedekah. Kita bisa membagikan takjil, bagi makanan pada orang yang tadarus, ngajak orang sahur juga. Atau jika tidak bisa memasak, kita bisa sedekah uang, bebas deh!

Mari manfaatkan bulan Ramadan ini dengan baik. Jauhi hal-hal buruk yang bisa mengurangi pahala seperti membicarakan kejelekan orang lain. Fokus pada kita sendiri saja tidak perlu ngurusi orang lain. Yuk semangat ibadah ya!

You Might Also Like

1 komentar

  1. semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung memanfaatkan bulan ramadan ya mbak

    BalasHapus

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com