Halal Bihalal, Apa Gunanya?

07.00

Beberapa hari yang lalu, seorang Teman MAN japri saya dengan undangan Halal Bihalal Jurusan IPA. Saya berpikir keras, tumben? Kalau ikut, apa gunanya?

Jika diingat-ingat, saya sebenarnya kurang akrab dengan teman sekelas saat kelas 12. Waktu itu saya termasuk siswa pindahan dari IPA 1 ke IPA 2. Meski sekarang WAG gabungan dan jadi IPA saja, tetap rasanya canggung.

Sebelum ini, saat mereka sering membuat rencana kegiatan di bulan Ramadan atau hari raya seperti sekarang, saya tidak pernah ikut. Pertama karena memang tidak bisa. Kedua masih canggung. Ketiga, Teman yang dulu sebangku atau dekat juga tidak ikut. Lha nanti saya ngobrol sama siapa jika mereka yang memang sudah jadi geng sejak MAN sibuk sendiri?

Berpikir positif, kenapa saya tidak memperbaiki keadaan saja dan lebih akrab dengan mereka?

manfaat halal bihalal

Well, mungkin akan banyak yang menyarankan seperti itu, tapi ada beberapa orang yang saya tahu bagaimana wataknya. Mereka suka bercanda, tapi tidak lucu. Apalagi saya perempuan dan belum menikah di usia yang tak muda. Teman-teman perempuan saya ini hampir semua menikah dan sudah ada anak. Apa tidak mati gaya saat nanti mereka sibuk tanya kenapa perihal pernikahan?

Saya tahu bahwa halal bihalal itu niatnya bagus untuk menyambung kasih sayang. Namun keadaan saya yang sekarang belum memungkinkan. Saya bisa memberikan sejuta jawaban, tapi untuk apa? Toh ini hidup saya. Intinya sih, saya mau menyiapkan mental, saya mau lebih waras dulu.

Terserah mereka mau berpikir apa tentang saya. Toh bukan saya sendiri yang tidak hadir. Mungkin nanti jika ada reuni untuk Angkatan Sendiri, saya akan mengusahakan. Mungkin saat itu, saya sudah lebih percaya diri, berdiri dengan kaki sendiri. Bisa jadi mungkin saat itu tiba, mereka juga tidak tanya kenapa. Mungkin saja...

Mungkin saja kau bukan yang dulu lagi
Mungkin saja rasa itu telah pergi


Dan mungkin bila nanti kita kan bertemu lagi
Satu pintaku jangan kau coba tanyakan kembali
Rasa yang kutinggal mati
Seperti hari kemarin saat semua di sini

You Might Also Like

0 komentar