Jenis Penyedia Jasa Logistik yang Bisa Dijadikan Pilihan

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Proses pengiriman barang di dunia sekarang ini sudah sangat dimudahkan. Bila melihat pada zaman dahulu sebelum adanya perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman, barang akan cukup sulit untuk dikirim ke lokasi yang lain. Hal tersebut dikarenakan belum adanya teknologi yang cukup untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun, sekarang ini tentu saja kita akan sangat mudah untuk mengirimkan barang. Bahkan dari satu negara ke negara lain, sudah banyak dilakukan proses pengiriman barang.

Tidak hanya dilakukan oleh perorangan, pengiriman barang juga dilakukan oleh perusahaan. Kita bisa mengetahui hal tersebut dari kegiatan impor dan ekspor yang dilakukan oleh suatu negara. Kegiatan impor dan kegiatan ekspor dilakukan untuk memenuhi barang tertentu. Di tengah perkembangan dunia global, ada salah satu negara yang memiliki jumlah berlebih terhadap suatu barang. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa negara lain akan merasakan kekurangan terhadap barang tersebut. Untuk melakukan kegiatan tersebut, peran penyedia jasa logistik cukup penting. Barang-barang tersebut akan dikirim sesuai dengan permintaan pihak yang mengirimkan barang tersebut. Ada beberapa jenis penyedia jasa logistik yang bisa digunakan, yaitu:


1. Logistic Service Provider
Jenis penyedia jasa logistik ini biasa disingkat dengan sebutan LSP. LSP merupakan jenis penyedia jasa logistik yang sangat mendasar sehingga sudah banyak disediakan oleh perusahaan. Jenis layanan yang disediakan ada hanya satu, yaitu layanan kurir yang siap mengirimkan barang dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Jenis penyedia jasa logistik ini biasanya digunakan oleh perorangan yang ingin mengirimkan barang dalam jumlah yang sedikit. Tarif yang dikenakan pada masing-masing pengiriman tentu saja berbeda. Hal yang akan memengaruhi biaya yang harus dibayarkan adalah bobot dari barang yang dikirim dan jarak yang harus ditempuh agar barang tersebut bisa sampai ke penerima dengan selamat.

2. Three Party Logistic
Three Party Logistic biasa disebut dengan 3PL. 3PL merupakan jenis penyedia jasa logistik yang memiliki lebih banyak layanan. Selain melakukan pengiriman, jenis penyedia jasa logistik ini juga memberikan layanan pergudangan yang bisa digunakan oleh konsumen. Banyaknya barang yang harus dikirimkan mengakibatkan ada beberapa barang yang harus menunggu antrian untuk sampai kepada penerima. Barang tersebut harus tetap dijaga keamanannya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan layanan pergudangan yang telah disediakan.

3. Lead Logistic Provider
Lead logistic provider atau biasa disebut dengan LLP merupakan jenis penyedia jasa logistik selanjutnya yang memiliki layanan yang cukup lengkap bila dibandingkan dengan jenis penyedia jasa logistik sebelumnya. Jenis penyedia jasa logistik ini memungkinkan konsumennya untuk tidak terlalu repot dalam hal mengirimkan barang. Semua proses pengiriman, mulai dari pengepakan barang hingga akhirnya barang tersebut bisa sampai ke penerima dilakukan oleh satu perusahaan. Perusahaan yang menggunakan LLP akan sangat dimudahkan karena tidak perlu terlalu repot melakukan banyak hal. Menggunakan jasa logistik jenis ini juga dianggap menjadi langkah yang cukup efektif dan efisien di tengah banyaknya hal yang harus dilakukan.

Salah satu penyedia jasa logistik yang bisa kita gunakan adalah Sera. SERA adalah salah satu anak perusahaan yang dimiliki oleh Astra. Di laman resminya, sera.astra.com, kita bisa mendapatkan banyak informasi terkait penyedia jasa logistik tersebut. Namun, bila informasi yang disediakan dalam laman tersebut belum cukup kuat, kita bisa dengan mudah menghubungi narahubung yang tertera. Narahubung tersebut akan menjawab memberikan informasi lebih yang berkaitan dengan apa yang kita tanyakan.

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com