5 Bunga Untuk Membuat Parfum

07.00

Kamu suka memakai parfum atau wewangian? Paling suka bau apa?

Saya adalah orang yang kurang menyukai bau tajam. Rasanya kalau terlalu bau entah itu wangi atau lainnya, saya bisa merasa sangat pusing. Aneh memang. Sampai-sampai saya berpikir, bagaimana cara menggunakan parfum laundry agar badan tetap wangi meski tidak memakai parfum.

cara-menggunakan-parfum-laundry

Beberapa waktu belakangan, akhirnya seorang Teman menyarankan untuk saya belajar pakai parfum. Cari wangi yang benar-benar cocok di hidung. Tidak perlu banyak-banyak. Misalnya hanya coba di tangan. Bagaimanapun, saya harus berusaha damai agar indra penciuman saya tidak terlalu sensitif.

Ternyata tidak buruk juga wangi parfum ini. Paling tidak, saya tahu 5 Bunga Untuk Membuat Parfum yang menurut saya baunya tidak terlalu menyengat.

  • Mawar
Kita tentu tidak asing dengan bunga dari genus Rosa. Mawar termasuk tanaman semak yang jenisnya lebih dari 100 spesies dan seringnya tumbuh di daerah yang sejuk. Mawar ini warnanya juga bermacam-macam dan biasanya identik dengan hal-hal romantis. Untuk parfum beraroma bunga mawar, biasanya dipadukan dengan bahan lain seperti Musk, Kayu, Rempah, dan lainnya. Jadi wanginya segar tapi juga elegan.

  • Melati
Seperti Mawar, kita juga pasti tahu yang namanya bunga Melati. Tanaman ini termasuk bunga hias berupa perdu berbatang tegak dari keluarga Zaitun (Oleaceae). Paling tidak, ada 200 spesies Melati asli daerah beriklim tropis dan hangat. Di Indonesia sendiri, Melati jadi bunga simbol nasional Puspa Bangsa yang melambangkan kesucian dan kemurnian.

Bunga Melati saat mekar akan menyebarkan wangi ke mana-mana. Jika dibuat parfum, wangi Melati ini ternyata bisa meningkatkan mood dan relaksasi sehingga kita bisa tidur lebih nyenyak. Jadi bisa juga disemprotkan di bantal sebelum kita tidur.


  • Sedap Malam
Sedap malam dengan nama latin Polianthes tuberosa ini merupakan tumbuhan hijau abadi dari suku Asmat. Selain untuk dekorasi ruangan, minyak dari bunga ini bisa digunakan untuk membuat parfum. Sedap Malam ini punya bau yang khas dan ternyata sudah digunakan untuk aroma parfum sejak abad ke-17 yang memberikan efek tenang dan rileks. Selain itu, Sedap Malam juga jadi simbol kebahagiaan dan cinta. Romantis juga ya.

  • Gardenia
Gardenia itu genus tumbuhan berbunga di keluarga tumbuhan suku kopi-kopian, Rubiaceae. Habitat alaminya di daerah tropik dan subtropik. Ada yang menyebut, jenisnya ada sekitar 140 spesies. Saya sendiri mengenal Gardenia dengan sebutan Cempokok Piring. Dalam bahasa Indonesia disebut Bunga Kacapiring. Hampir seperti Melati, Gardenia juga memiliki bau yang khas dan sangat sering digunakan untuk pembuatan parfum.

  • Lily of the Valley
Bunga Bakung dengan nama latin Convallaria majalis merupakan kembang putih berbentuk lonceng yang mekar pada musim semi. Biasanya di daerah dingin Asia dan Eropa. Bunga ini memang beracun, tapi khasiatnya juga banyak. Lily of the Valley ini jadi bahan favorit buat kosmetik dan parfum. Karakter dari Bunga Bakung ini adalah feminin yang klasik, tapi juga indah. Makanya nih, Kate Middleton juga pakai bunga ini saat pernikahannya.

Itu dia 5 Bunga Untuk Membuat Parfum. Kita sebenarnya bisa meracik sendiri parfum yang baunya sesuai dengan kepribadian kita dengan bahan yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Saya pribadi belum mencoba. Mungkin lain waktu. Yang jelas, 5 wangi bunga yang saya sebutkan cukup nyaman di indra penciuman saya.

Kalian sendiri suka pakai parfum atau sedikit sensitif seperti saya? Yuk coba bau parfum 5 bunga yang saya sebut di atas. Sampai jumpa!

You Might Also Like

27 komentar