Perempuan Unik

Cerita Lain Aku dan Kamu

Diberdayakan oleh Blogger.

5 Bunga Untuk Membuat Parfum

Kamu suka memakai parfum atau wewangian? Paling suka bau apa?

Saya adalah orang yang kurang menyukai bau tajam. Rasanya kalau terlalu bau entah itu wangi atau lainnya, saya bisa merasa sangat pusing. Aneh memang. Sampai-sampai saya berpikir, bagaimana cara menggunakan parfum laundry agar badan tetap wangi meski tidak memakai parfum.

cara-menggunakan-parfum-laundry

Beberapa waktu belakangan, akhirnya seorang Teman menyarankan untuk saya belajar pakai parfum. Cari wangi yang benar-benar cocok di hidung. Tidak perlu banyak-banyak. Misalnya hanya coba di tangan. Bagaimanapun, saya harus berusaha damai agar indra penciuman saya tidak terlalu sensitif.

Ternyata tidak buruk juga wangi parfum ini. Paling tidak, saya tahu 5 Bunga Untuk Membuat Parfum yang menurut saya baunya tidak terlalu menyengat.

  • Mawar
Kita tentu tidak asing dengan bunga dari genus Rosa. Mawar termasuk tanaman semak yang jenisnya lebih dari 100 spesies dan seringnya tumbuh di daerah yang sejuk. Mawar ini warnanya juga bermacam-macam dan biasanya identik dengan hal-hal romantis. Untuk parfum beraroma bunga mawar, biasanya dipadukan dengan bahan lain seperti Musk, Kayu, Rempah, dan lainnya. Jadi wanginya segar tapi juga elegan.

  • Melati
Seperti Mawar, kita juga pasti tahu yang namanya bunga Melati. Tanaman ini termasuk bunga hias berupa perdu berbatang tegak dari keluarga Zaitun (Oleaceae). Paling tidak, ada 200 spesies Melati asli daerah beriklim tropis dan hangat. Di Indonesia sendiri, Melati jadi bunga simbol nasional Puspa Bangsa yang melambangkan kesucian dan kemurnian.

Bunga Melati saat mekar akan menyebarkan wangi ke mana-mana. Jika dibuat parfum, wangi Melati ini ternyata bisa meningkatkan mood dan relaksasi sehingga kita bisa tidur lebih nyenyak. Jadi bisa juga disemprotkan di bantal sebelum kita tidur.


  • Sedap Malam
Sedap malam dengan nama latin Polianthes tuberosa ini merupakan tumbuhan hijau abadi dari suku Asmat. Selain untuk dekorasi ruangan, minyak dari bunga ini bisa digunakan untuk membuat parfum. Sedap Malam ini punya bau yang khas dan ternyata sudah digunakan untuk aroma parfum sejak abad ke-17 yang memberikan efek tenang dan rileks. Selain itu, Sedap Malam juga jadi simbol kebahagiaan dan cinta. Romantis juga ya.

  • Gardenia
Gardenia itu genus tumbuhan berbunga di keluarga tumbuhan suku kopi-kopian, Rubiaceae. Habitat alaminya di daerah tropik dan subtropik. Ada yang menyebut, jenisnya ada sekitar 140 spesies. Saya sendiri mengenal Gardenia dengan sebutan Cempokok Piring. Dalam bahasa Indonesia disebut Bunga Kacapiring. Hampir seperti Melati, Gardenia juga memiliki bau yang khas dan sangat sering digunakan untuk pembuatan parfum.

  • Lily of the Valley
Bunga Bakung dengan nama latin Convallaria majalis merupakan kembang putih berbentuk lonceng yang mekar pada musim semi. Biasanya di daerah dingin Asia dan Eropa. Bunga ini memang beracun, tapi khasiatnya juga banyak. Lily of the Valley ini jadi bahan favorit buat kosmetik dan parfum. Karakter dari Bunga Bakung ini adalah feminin yang klasik, tapi juga indah. Makanya nih, Kate Middleton juga pakai bunga ini saat pernikahannya.

Itu dia 5 Bunga Untuk Membuat Parfum. Kita sebenarnya bisa meracik sendiri parfum yang baunya sesuai dengan kepribadian kita dengan bahan yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Saya pribadi belum mencoba. Mungkin lain waktu. Yang jelas, 5 wangi bunga yang saya sebutkan cukup nyaman di indra penciuman saya.

Kalian sendiri suka pakai parfum atau sedikit sensitif seperti saya? Yuk coba bau parfum 5 bunga yang saya sebut di atas. Sampai jumpa!

27 komentar

HM Zwan mengatakan...

Belum pernah pakai parfum yang baunya seperti bunga mawar. Tapi pernah pakai yang wangi bunga melati, harum banget tapi waktu itu dapetnya yang tajem banget baunya ahahaha. Pingin nyari yang wanginya soft

Lisdha mengatakan...

samaa mbak, aku juga ga bisa dengan bau yang menyengat. maka kalau cari parfum sukanya yg smooth. Tapi kalau soal parfum aku malah lebih suka parfum cowok sih drpd parfum perempuan yg bunga2 hahaha. Lebih suka yg bau rempah gitu deh :)

Perempuan Unik mengatakan...

Wangi melati ada yang soft juga Mbak

Perempuan Unik mengatakan...

Kalau cowok memang lebih banyak yang rempah dan agak kuat

Andiyani Achmad mengatakan...

aku suka juga parfum dengan wangi bunga mba, rasanya cocok aja sama personality juga.. udah gitu lebih seger ya

Nurul Sufitri mengatakan...

Wangi bunga sedap malam enak tuh. Meskipun kata orang itu bunga serem, aku suka. Wangi mawar juga enak, tapi aku lebih suka melati. Nih aku punya tanaman bunga melati di pot. Kalau parfum senang aroma lembut2 aja aku tuh.

Ayi Prima mengatakan...

Saya kalau parfum malah sukanya pakai parfum cowok. Lebih segar aromanya. Kalau parfum bunga-bungaan biasanya terlalu menyengat di hidung saya yang sensitif ini.

Keke Naima mengatakan...

Sebetulnya saya lebih suka parfum yang wnagi fruity daripada floral. Kalau pun pakai yang floral, pengennya yang gak terlalu tajam

Dian Restu Agustina mengatakan...

Paling sering sih aroma mawar ya..banyak ada di skincare atau makeup aroma ini. mmnag aroma floral ini lembut dan menenangkan. Saya belum pernah pakai tiga yang lainnya

Eviindrawanto.Com mengatakan...

Kalau saya suka banget wangi dari parfume. Terutama dari bunga-bungaan, rasanya selalu segar di hidung. Terkadang bisa halu, berasa seperti di taman bunga. Tinggal merem aja untuk membayangkan lagi lari-larian di kebun bunga :)

Suciati Cristina mengatakan...

Nggak pakai parfum nih mba, udah lama hahaaa. Tapi aku jg kayak mba. Kalau tidak suka yg nyengat. Bungasedap malam favorit wanginya mba. Aku jadi keinget malam takbiran beli sedap malamm.

Eri Udiyawati mengatakan...

Saya masih penasaran lho sama aroma bunga bakung, secara di daerah kami itu nyaris gak ada.

Aroma parfum memang lebih suka yang soft, tapi saya gak suka sama aroma Melati. Berasa horor. Hahaha

Dewi Rieka mengatakan...

Sama, aku juga nggak bisa cium wangi parfum yang menusuk malah pusing jadi cari yang wanginya lembut dan aku lebih suka wangi buah yang segar..

nurul rahma mengatakan...

Aku demen bangeett aroma melati.
Biasanya dapat parfum kicik kicik gitu, habis unjung2 sodara atau tetangga yg baru pulang Umroh atau Haji :D

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Suka banget aroma melati kalo dijadiin parfum, mengingatkan ama acara kawinan jadi menimbulkan perasaan hangat gitu deh ehehe

Bunga sedap malam juga wangi sih yah, tapi kayak rada serem gitu gak sih, atau cuma perasaan aku aja hahaha

nchie hanie mengatakan...

Waah..beberapa temenku suka banget sama parfum wangi bunga2an, tapi kalo aku kurang nyaman sama wanginya apalagi kalo wangi melati yang bikin segak.
Lebih suka yang Fruity ato yang wangi cowo hihuu

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Aku suka wanginya Gardenia, tapi kalo untuk parfum belum bisa. Karena aku sukanya parfum yang aromanya seger

tantiamelia.com mengatakan...

Kalo dulu nenekku menyelipkan beberapa kayu gaharu di lemari, dan beberapa kuntum melati dan sedap malam itu di lipatan bajunya, dibungkus dengan sejenis kain saringan dan dibungkus lagi dengan sapu tangan berwarna putih bersih. Jangan jangan beliau membuat parfum sendiri ya!

Ade UFi mengatakan...

Saya suka wangi melati, wanginya seperti wangi penganten. Jadi kalau pakai itu serasa jadi penganten terus.. ^_^

Astin Astanti mengatakan...

Dulu banget, waktu masih kuliah tu, suka coba coba dong, minyak wangi yang beraroma bunga, mulai dari kenanga, melati, sedap malam juga ada, mawar dan semuanya suka. Paling suka aku malah sedap malam gitu, wanginya lembut

Nanik Nara mengatakan...

Saya termasuk yang sensitif. Padahal suami tipe lelaki yang suka pakai parfum kalau habis mandi, semprot sana sini hampir sekujur badan. Awal-awal saya seing menjauh kalau dia pakai parfum, mual sih hehehe...

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com mengatakan...

Jd penasaran cara meracik parfum sendiri kyk gimana mbak? hehe
Aku suka jga nih aroma bunga, biasanya tu terkesan meewah wanginya dan cocok utk suasana resmi kyk kondangan hehe #imho

lendyagasshi mengatakan...

Aku penyuka wangi melati, kak..
Dari SMA pakai, trus ada temen yang lagi sama aku belajar di kelas mendadak merinding, katanya.
**padahal aku pake parfum melati.

Errrg~
Besok-besok pake parfum yang biasa aja wanginya.

Sri Widiyastuti mengatakan...

Aku paling suka yang wangi bunga melati, skrg malah udah jarang bangey orang nanam bunga melati yaa. Jadi kangen rumah lama huhu

Hikmah Khaerunnisa mengatakan...

Jaman sekolah dulu aku suka banget mba wangi melati.. dulu ada botol kecil2 gitu kan ya.. sekarang lebih suka yang fresh gitu wanginya

duniamasak mengatakan...

my favorite, Lily of the Valley <3 love banget!

Yurmawita mengatakan...

Nambahin satu kembang tanjung mba, suka banget sama wangi bunga kembang tanjung ini. Dulu punya produk perawatan wajah wangi kembang tanjung tapi sekarang gak ada lagi. Padahal wanginya enak banget