Masalah Pencernaan Muncul? Buka SehatQ.com Yuk!

07.00

"Duh! Rasanya perut enggak nyaman banget ya!" Kenapa ini?"

Beberapa waktu lalu saya mengalami menstruasi di mana semua badan dan perut terasa tidak enak. Setelah beberapa hari, sudah lebih baik, tapi perut rasanya belum nyaman. Ditambah lagi saya sering buang angin. Wah, mungkin saya sedang mengalami masalah pencernaan.


Ketika menstruasi tiba, biasanya saya agak kesulitan makan. Jadi seringnya makan agak sembarangan yang penting perut tidak kosong. Mungkin karena hal ini, saya jadi mengalami masalah pencernaan. Selain makanan, gangguan pencernaan juga bisa timbul saat ada organ dalam sistem pencernaan yang enggak bekerja dengan sempurna dalam menyerap nutrisi. Stres juga bisa memengaruhi.

Oh iya, kemarin waktu nonton kartun, saya juga sempat belajar lagi soal gastrointestinal atau bagian-bagian dari sistem pencernaan yang antara lain:

  • Mulut
  • Kerongkongan (esofagus)
  • Lambung
  • Usus halus yang terdiri dari usus dua belas jari (duodenum), jejunum, dan ileum
  • Usus besar
  • Anus

Sistem Pencernaan sendiri termasuk satu dari 11 bagian anatomi tubuh manusia. Jadi kesemuanya harus terjaga dengan baik agar kita sehat dan tubuh berfungsi sebagaimana mestinya.

Ketika Masalah Pencernaan muncul, saya langsung baca artikel kesehatan di SehatQ.com. Website ini semacam Asisten Kesehatan pribadi kita. Ada banyak informasi kesehatan mulai dari informasi Rumah Sakit, Dokter, Obat, dan lain sebagainya.


Dari artikel terkait Masalah Pencernaan, saya dapat rekomendasi makanan sehat untuk usus dan lambung. Jadi bisa banget buat menjaga kesehatan organ pencernaan kita. Makanan tersebut antara lain:

  • Jahe. Ketika perut tidak nyaman, biasanya saya memang memilih minum jahe. Jahe punya sifat anti-inflamasi dan bisa membantu mengatasi heartburn atau naiknya asam lambung hingga kerongkongan. Paling enak jahe bakar lalu dikunyah juga
  • Pepaya. Dari dulu, saya tahu buah Pepaya itu sangat membantu masalah pencernaan. Jadi kalau mau lancar ke belakang, konsumsi buah ini
  • Sayuran. Sayuran itu cukup membantu meredakan asam lambung. Untuk menjaga kesehatan lambung, ada beberapa sayuran yang direkomendasikan seperti brokoli, timun, asparagus dan kembang kol
  • Apel. Saya baru tahu jika Apel itu kandungan serat larut pektinnya tinggi. Nah si pektin yang dipecah oleh bakteri baik di dalam usus bisa membantu mengatasi sembelit dan diare
  • Tempe. Tempe yang merupakan fermentasi kacang kedelai itu sumber probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang membuat lapisan pelindung pada usus. Jadi makan tempe tetap oke buat pencernaan kita
  • Yogurt. Seperti tempe, Yogurt itu kaya akan kandungan bakteri baik atau probiotik. Yogurt bisa bantu ningkatin kesehatan organ pencernaan terutama usus. Jadi kita bisa jauh-jauh dari yang namanya kembung, sembelit, juga diare
  • Oatmeal. Saat kita mengalami masalah pencernaan, sering kali kita malas makan. Nah si oatmeal ini sumber serat yang baik dan bisa menurunkan risiko asam lambung

Selain rekomendasi makanan, kita juga bisa mendapatkan referensi obat yang bisa kita minum untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun kita perlu ingat, jika masalah yang kita alami berjalan sampai beberapa waktu dan belum juga reda, sebaiknya kita ke dokter.

Sebelum janjian, kita bisa memanfaatkan Chat Dokter di SehatQ.com. Jadi kita bisa lebih tenang karena keadaan kita terpantau oleh orang yang memang berkompeten dalam bidang kesehatan.

Di zaman yang serba maju ini, mari manfaatkan teknologi dengan baik termasuk dengan memantau kesehatan sendiri lewat SehatQ.com. Tetap jaga kesehatan semua. Dan mari hidup lebih bahagia.

You Might Also Like

11 komentar

  1. Iya sih, kadang suka bingung kalau punya masalah kesehatan. Pengennya ada dokter yang mudah untuk ditanya-tanya. Sekarang padahal kan perlu mikir 2x untuk ke rumah sakit atau ke dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, Mbak. Mau ke dokter pasti mikir kan. Jadi kalau ada yang ditanya dan memang mumpuni, mending milih itu dulu

      Hapus
  2. Lebih baik langsung tanya ahlinya kalau dirasa ada yg nggak beres di tubuh kita, apalagi lengkap ya infonya, bahkan bisa tau info rumah sakit dan dokter.

    BalasHapus
  3. Aku mulai belajar konsumsi oatmeal ini mba
    soale lambungku sering bermasalah
    kalo wedang jahe sudah rutin sih

    BalasHapus
  4. Sepakat mbak, saya juga sedia beberapa bahan itu di kulkas untuk melancarkan pencernaan. Yoghurt jadi kesukaan banget, bisa membuat kenyang plus pencernaan sehat. Hehehe

    BalasHapus
  5. aku sekarang saat pagi selalu minum yogurt, biar pencernaan lancar
    sekarang klo mau cari informasi seputar kesehatan bisa ke sehatq

    BalasHapus
  6. Lagi pandemi gini trus sakit, jadi nambah galau ya Ji. Tapi bersyukur dong karena sekarang malah ada aplikasi untuk nyari info seputar kesehatan. Bahkan bisa juga nanya atau konsultasi langsung kepada ahlinya

    BalasHapus
  7. Masalah pencernaan memang kelihatannya sepele banget ya. Saya juga udah pernah. Tapi rasa di badan sangat tidak nyaman.

    BalasHapus
  8. Dengan teknologi semua makin mudah ya kak. Sampai urusan kesehatan juga bisa lebih cepat ditangani, antrinya aman juga karena via paltform ya kak.

    BalasHapus
  9. Wah ini sih solusi galau takut ke dokter karena pandemi ya Kak, lumayan bisa konsul langsung ke ahlinya tanpa harus ke RS ntaaps

    BalasHapus
  10. Ibuku dulu sering berpesan bahwa perut adalah kunci.
    Kalau kesehatannya suda terganggu, jadi fatal yaah..
    Solutif banget dengan adanya sehatq.

    BalasHapus