Perempuan Unik

Cerita Lain Aku dan Kamu

Diberdayakan oleh Blogger.

Sate Srepeh Chiken Sausage So Good

Bismillahirrahmaanirrahiim....

Ramadan tinggal beberapa hari dan kini mulai malas. Rasanya kok ya berat. Ada saja godaannya. Dari harga bahan makanan yang mulai naik sampai rasa ingin buka puasa sebelum waktunya, hehehe. Makanya ini mau nyari resep masakan biar tetap semangat makan supaya puasanya kuat.

Beberapa bulan lalu saya sempat mengunjungi Rembang. Ke sana sudah beberapa kali. Tapi kali itu agak beda karena ada acara jalan menyusuri sejarah di suatu tempat. Ya lumayan seru dan pastinya banyak belajar tentang kehidupan yang lalu.

Ketika di Rembang, Teman-teman di sana pesanin Sate. Salah satu kuliner khasnya yaitu Sate Srepeh yang terbuat dari daging ayam. Itu pertama kalinya saya makan dan langsung suka. Walau kata mereka masih ada penjual yang jauh lebih enak. Padahal saya orangnya suka ngomel sendiri kalau rasanya kurang cocok di lidah.

Sate Srepeh yang saya coba bumbu rempahnya enak. Terasa gurih. Katanya sih pakai santan dan kemiri. Disajikan bersama Tahu bumbu Kacang. Tapi karena di rumah sudah sering pakai santan, di menu ini saya pakai kemiri saja.

Sekarang rasanya saya pikir Sate Srepeh lumayan dan cocok untuk masakan rumah khas ramadan. Habisnya buat ayam goreng atau kecap itu sudah biasa.


Kali ini saya ingin coba masak menggunakan Sosis Ayam So Good yang saya beli beberapa hari yang lalu untuk persediaan. Bahannya daging ayam, lembut dan enak. Lumayanlah buat ganti daging ayam yang kini ikut naik.

Bahan yang saya gunakan untuk Sate Srepeh Chiken Sausage So Good antara lain:

sate srepeh sosis so good
  • Sosis So Good
  • 7 Butir Kemiri
  • 3 Siung Bawang Merah
  • 2 Siung Bawang Putih
  • 5 Biji Cabai
  • Garam
  • Jahe
  • Gula Merah
  • Asam Jawa
  • 4 Lembar Daun Jeruk
  • 1 Batang Serai
  • Air
  • Bawang Goreng

Cara memasak:
  1. Haluskan Kemiri, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai, dan Jahe
  2. Sangrai bumbu sebentar lalu tambahkan air secukupnya
  3. Tambahkan Garam, Gula Merah, Asam Jawa, Serai, Daun Jeruk. Tunggu sampai mengental
  4. Masukkan Chiken Sausage So Good sampai bumbu meresap
  5. Jika sudah, panggang Chiken Sausage So Good
  6. Taruh di wadah dan tambahkan bawang goreng
  7. Sate Srepeh Chiken Sausage So Good siap disajikan
sate srepeh sosis so good

Sebenarnya tanpa dipanggang, Sosis So Good sudah enak dimakan. Tapi yang namanya sate kalau tidak dibakar atau panggang rasanya ada yang kurang. Menu ini juga cocok sekali buat bekal buka puasa yang gampang dan tetap menggoda selera.

Untuk tingkat kepedasan, makin pedas menurut saya makin oke. Sayangnya kemarin perut lagi kurang enak. Jadinya pakai cabai secukupnya saja biar tetap ada rasa sedikit pedasnya.

Lain waktu saya mau coba buat Sate Srepeh pakai Ayam potong dari So Good. Produk dari So Good terjamin dan banyak macamnya. Buat persediaan lebaran biar tidak makan banyak makanan berlemak.

Jika kalian mau coba resep ini silakan saja. Tapi saya sarankan untuk berkunjung dulu ke Rembang dan coba Sate Srepeh khas sana. Atau kalau di daerah kalian ada ya coba dulu. Maksudnya untuk perbandingan karena kita tidak bisa memaksakan semua rasa di lidah tiap orang.

Nah bagi kamu yang suka masak, saya kasih tahu nih bahwa ada Lomba kreasi resep #MasakanRumahKhasRamadhan yang diselenggarakan oleh SO GOOD bersama Blogger Perempuan Network. Lomba ini dimulai Mei lalu dan akan selesai pada tanggal 23 Juni 2018. Hadiahnya lumayan plus kamu bisa berbagi resep andalan keluarga untuk sahur atau berbuka.

Segera ikutan #MasakanRumahKhasRamadhan #SogoodXbpn #LebihBaikSoGood ya!

1 komentar

ninda mengatakan...

wah good idea :D