Hidung Mampet? 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya

07.00

Mengalami hidung mampet atau tersumbat di malam hari sangat tidak mengenakkan. Apa sih penyebabnya?

Saya termasuk orang yang sering mengalami hidung mampet. Jika itu terjadi, duh rasanya sangat tidak nyaman dan saya jadi kesulitan tidur karena tidak bisa bernapas dari hidung. Akhirnya membuka mulut, tapi berakhir dengan tenggorokan yang kering dan sedikit sakit. Sungguh drama sekali.

hidung mampet

Hidung tersumbat bisa jadi tanda adanya penyakit yang akan datang. Hal lain yang ada di sekeliling kita seperti debu, asap bisa memicunya. Daripada semakin drama, saya kini mulai belajar untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan hidung mampet.

5 Penyebab Hidung Mampet


  • Batuk Pilek
Common cold atau Batuk pilek adalah infeksi virus ringan pada saluran pernapasan bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan. Bapil atau selesma paling sering dialami orang-orang baik anak-anak maupun dewasa. Batuk pilek biasanya berlangsung 7-10 hari dan akan sembuh dengan sendirinya.

  • Flu atau Influenza
Influenza merupakan infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Jadi lebih parah dari batuk pilek. Gejala flu sendiri lebih banyak seperti demam, badan terasa nyeri, dan juga sakit kepala. Seperti Common cold, gejala influenza bisa sembuh dengan sendirinya, tapi harus tetap waspada karena menyerang sampai paru-paru sehingga bisa terjadi komplikasi yang membahayakan.

  • Alergi
Alergi bisa disebabkan banyak hal mulai dari makanan, asap, debu, sampai cuaca pun bisa. Kadang ada yang gatal-gatal, badan kemerahan, bersin-bersin sampai hidung tersumbat.

  • Sinusitis Akut
Sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan pada jaringan hidung sehingga membuat rongga hidung menyempit. Karena sempit, produksi lendir pada sinus jadi meningkat sehingga membuat kita seperti kesulitan bernapas. Jika terus terjadi, hal ini akan jadi batuk pilek yang berlangsung lama.

  • Rhinitis Non-alergi
Rhinitis atau bisa disebut peradangan di hidung. Hal ini bisa terjadi karena alergi atau tanpa alergi bisa karena bau tertentu atau obat-obatan. Paparan tersebut bisa jadi peradangan sehingga muncul bersin-bersin, lendir meningkat sehingga menyebabkan hidung tersumbat.

Nah itulah 5 penyebab hidung tersumbat yang wajib kita ketahui. Lalu, apa sih yang sebaiknya kita lakukan jika hidung mampet?

Lakukan Hal Ini Saat Hidung Mampet


hidung mampet

  • Pertama, Harus menjaga tubuh agar tetap hangat. Sebaiknya kita tidak menghidupkan AC atau kipas angin. Tambahkan selimut atau pakai pakaian hangat jika perlu
  • Kedua, Minum banyak air putih atau bisa juga minum minuman hangat seperti jahe. Dengan masuknya cairan ke tubuh, lendir di hidung jadi lebih encer dan mudah keluar
  • Ketiga, Keluarkan lendir di hidung. Ingus jangan ditahan di dalam, keluarkan biar lega. Sebaiknya tutup salah satu lubang hidung saat mengeluarkannya
  • Keempat, Mandi atau kompres hidung dengan air hangat. Uap air hangat ini bisa mengencerkan lendir di hidung sehingga mudah dikeluarkan. Badan juga jadi lebih segar
  • Kelima, Mengoleskan atau menghirup Minyak Eucalyptus. Daun dan minyak dari pohon ini memang sering digunakan untuk obat. Dengan mengoleskannya, badan jadi lebih hangat dan hidung mampet bisa mereda
  • Keenam, Minum obat jika perlu. Obat bagi saya adalah opsi terakhir untuk mengatasi hidung mampet. Kita bisa menggunakan Dekongestan atau Obat Antihistamin. Namanya obat, biasanya ada efeknya samping seperti ngantuk dan lainnya

Itu saja 5 penyebab hidung mampet dan apa yang bisa kita lakukan saat hidung tersumbat. Jika dengan melakukan pertolongan yang saya sebutkan masih belum reda, lebih baik kunjungi dokter. Kita tahu bahwa batuk pilek bahkan sampai kehilangan indra perasa dan penciuman itu bisa menunjukkan gejala Covid-19. Jadi jika sudah tahu lebih awal bisa ditangani dengan segera.

Tetap jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, olahraga dan cukupkan istirahat. Semoga kita jauh-jauh dari penyakit. Bye!

You Might Also Like

0 komentar