Apa itu Covid-19

07.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

"Ibu X, tolong baca tahlilan ya!"

Seorang yang bukan Ibu X menjawab, "Enggak baca, Bu! Ada Corona!"

Gemes banget dengar dia ngomong asal kaya gitu. Waktu itu di Indonesia, jaga jarak belum diberlakukan. Acara kumpul masih diadakan tapi info tentang Corona Virus sudah beredar. Masalahnya, banyak yang hanya bermodal katanya. Dan karena jarang baca, banyak yang tak tahu Apa itu Covid-19.

Freepik


Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh coronavirus jenis baru. Virus ini diduga pertama kali menyebar di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. Virus Corona sendiri adalah kelompok virus yang bisa menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia utamanya menginfeksi saluran pernapasan. Bisa dibilang, mereka masih bersaudara dengan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Apa saja sih gejala dari Covid-19 ini?

Secara umum, gejala yang muncul adalah demam, rasa lelah, dan batuk kering. Mirip pilek juga flu. Gejala yang lebih parah itu bisa diare bahkan sesak napas. Tapi sekarang ini, bahkan ada yang tidak menunjukkan gelaja tapi bisa juga terkena Corona Virus.

Kok bisa gitu?

Bisa saja. Covid-19 bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Penularannya sendiri melalui percikan cairan ketika batuk atau bersin lalu menempel pada benda. Dari situ akhirnya pindah terus menerus jika tersentuh tangan. Parahnya, mereka bisa bertahan cukup lama sebelum akhirnya mati. Masa inkubasinya sendiri antara 1-14 hari.

Saat ini belum ada vaksin untuk Covid-19. Jika kita kena dan gejalanya masih ringan, kita bisa konsultasi dulu dan tidak langsung ke rumah sakit. Kita bisa isolasi mandiri dan perkuat sistem kekebalan tubuh kita dengan makan makanan bergizi, vitamin dan lainnya. Ketika kita kuat, virus pun akan hilang dengan sendirinya. Jika sampai gelaja parah, baru kita hubungi petugas medis.

Jadi sebenarnya kita perlu khawatir enggak sih soal Virus Corona ini?

Freepik

Khawatir jelas perlu, enggak boleh menyepelekan apalagi bentuknya enggak kelihatan gini. Makanya kita perlu banget waspada. Mudahnya, kita ikuti saja anjuran dari Pemerintah dengan:

  • Rajin cuci tangan
  • Menggunakan masker saat sakit atau berada di luar rumah
  • Jaga jarak minimal 1 meter
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut apalagi saat di luar rumah
  • Terapkan etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu saat batuk atau bersin
  • Jika bukan keperluan penting, mari di rumah saja
  • Perbarui informasi dari situs yang terpercaya

Saya tahu ini tidak mudah. Tapi saya percaya, sebisa mungkin kita melakukan hal yang dianjurkan Pemerintah, kita bisa bantu para petugas menekan angka penularan dari penyakit Covid-19 apalagi statusnya sudah Pandemic karena menyebar di banyak negara dengan begitu cepatnya. Kita harus bekerja sama. Jangan egois! Kesadaran kita akan menyelamatkan banyak nyawa.

#BPNRamadan2020

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com