Sahabat Pelangi: Ayo Memancing

10.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Selamat pagi, semua! Apa kabar? Masih semangat meski di rumah saja?

Setelah belajar di rumah saja sejak tanggal 16 Maret 2020 karena adanya Corona Virus, mulai hari ini Senin, 13 April 2020 anak-anak diajak belajar bersama lewat TV. Mendikbud bekerja sama dengan TVRI menayangkan program untuk anak-anak dimulai pukul 08.00 pagi #belajarbarengTVRI

Jadwalnya #belajarbarengTVRI


  • 08.00 - 08.30 - PAUD
  • 08.30 - 09.00 - Kelas 1 - 3
  • 10.00 - 10.30 - Kelas 4 - 6
  • 10.30 - 11.00 - SMP
  • 14.00 - 14.30 - SMA
  • 14.30 - 15.00 - Parenting

Untuk PAUD, acara yang ditayangkan adalah Jalan Sesama. Orangtua pasti tahu dong acara ini? Saya ingat dulu pernah ditayangkan di Trans7. Tapi karena Keponakan saya sudah bukan anak usia dini, jadi dia tidak nonton ini di jam 8 pagi.

Pukul 08.30 sampai 09.00, acara untuk SD kelas 1-3: Sahabat Pelangi - Ayo Memancing. Kurang lebih ceritanya seperti ini:


Anak-anak Sahabat Pelangi ingin memancing ke danau. Ada Wayan, Nisa, Martha dan Chandra. Wayan, Nisa, dan Martha sudah berkumpul tapi Chandra belum juga datang. Ketiganya akhirnya melakukan Tari Poco-Poco, kekiri ke kanan, berputar-putar sambil menunggu Chandra. Chandra sendiri terlambat datang karena sakit perut akibat makan 2 piring nasi goreng pedas. Setelah menunggu lama, akhirnya Chandra datang dan mereka menuju danau.

Di danau, Wayan mengajarkan cara memancing antara lain:

  1. Siapkan Umpan Cacing atau Ulat pohon
  2. Umpan dikaitkan ke kail
  3. Lempar alat pancing ke danau
  4. Jika umpan dimakan, maka tarik pancing

Semua anak mendapat ikan, tapi Wayan dapat kaleng bekas. Pancing Wayan juga patah dan akhirnya diperbaiki. Dia kemudian memancing dan akhirnya dapat ikan.

Nisa, Martha dan Chandra istirahat sambil makan pisang kecuali Wayan yang terus memancing. Dia ingin mendapat 10 ikan. Mendung datang dan mereka pulang tapi ikan ketinggalan di danau karena Candra ingat camilan dan ikan bakar. Wayan dan Candra pun kembali ke danau. Mereka mencari ikan ke mana-mana sampai akhirnya ketemu juga

Pertanyaan:
1. Apa saranmu untuk Candra agar disenangi teman?
2. Apa yang akan kamu lalukan agar tidak bosan jika harus menunggu?
3. Menurutmu apa saja akibat kelalaian Chandra?

Kurang lebih itu pembahasan untuk anak SD kelas 1-3. Keponakan saya sendiri sudah mencatat, lebih detail dan versi dia tentunya. Ulasan ini hanya untuk membantu kalian yang ketinggalan nonton tadi. Semoga bermanfaat ya!

Oh iya, meski ini ajakan untuk memancing tapi sebaiknya anak-anak tidak memancing sendirian. Minimal ada satu orang dewasa yang menemani. Contohnya di tayangan adalah danau yang airnya lebih tenang. Tapi jika memancing di sungai bisa ada banjir. Kalau di laut bisa ada ombak besar. Jadi tetap harus waspada dan hati-hati ya!

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com