Perempuan Unik

Cerita Lain Aku dan Kamu

Diberdayakan oleh Blogger.

Jadwal Tadarus

Ibadah lain apa yang kamu lakukan saat Ramadan selain puasa?


    Ramadan adalah bulan yang suci. Di bulan ini, semua amal ibadah dilipatgandakan pahalanya. Bahkan tidurnya orang berpuasa pun mendapat pahala. Makanya sebaiknya kita melakukan banyak kegiatan agar menjalani hari lebih bermanfaat.


    Setelah Malam Pertama Ramadan diawali dengan salat Isya yang telat, maka untuk Tarawih jelas bisa berjamaah. Alhamdulillah full, tidak ada istirahat untuk berhenti salat. Lagian bukan Bocah juga. 23 rakaat untuk Remaja Jompo masih bisa dilakukan.


jadwal tadarus di mushola selama ramadan


    Kegiatan lain yang saya laksanakan setelah Tarawih itu membaca Alquran atau kami menyebutnya Tadarus. Sejak di rumah, ngaji Alquran di mushola ini saya lakulan setiap tahun. Alhamdulillah tahun ini bertemu Ramadan lagi.


    Jika dulu saya punya target pribadi untuk mengkhatamkan Alquran dalam satu bulan, maka beberapa tahun terakhir saya mulai loyo. Target itu tidak ada lagi, tapi saya tetap mengaji, melanjutkan apa yang sudah saya baca di bulan-bulan sebelumnya. Kalau selesai ya syukur. Jika tidak, lanjut terus sampai akhir lalu mulai lagi.


    Berbeda dengan target pribadi, tadarus di mushola ada jadwalnya tersendiri. Kami melaksanakannya setelah salat Tarawih. Pukul 9 malam, biasanya sudah pada pulang. Namun jika ada yang mau tinggal sampai ngajinya selesai, ya silakan saja.


    Untuk orang dewasa, satu orang satu juz. Kadang ada yang request satu juz dibaca berdua dengan anaknya. Untuk Bocah-bocah, kadang ada yang satu juz untuk dua orang, kadang tiga orang. Tergantung jumlah mereka. Soalnya kalau dikasih satu juz, akan terlalu berat untuk mereka.


    Dalam satu malam, kami bisa menyelesaikan 7-10 juz, mungkin lebih jika peserta Tadarusnya banyak. Baik laki-laki maupun perempuan, saya gabung jadi satu biar tidak repot. Lagian yang cowok juga sedikit. Pasti nanti pada lupa kalau dibuat jadwal sendiri.


Apakah kami punya target berapa kali khatam dalam sebulan Ramadan ini?


    Jawabannya tidak. Kami ngaji semampunya, sedapatnya. Lagian tidak setiap malam ada banyak yang ngaji. Perempuan kan ada jadwal menstruasi. Jadi kadang berkurang beberapa peserta Tadarus. Ini belum kalau ada jadwal buka bersama pribadi.


    Untuk khataman nanti, kemarin diputuskan akan ditutup di malam 27 Ramadan. Saya tidak tahu acaranya akan seperti apa mengingat ini merupakan mushola baru. Saya pikir tidak akan jauh berbeda dengan tempat lama. Apa pun itu, semoga ibadah ini jadi berkah untuk kita semua.


    Di tempat kalian, tadarusnya bagaimana? Apakah dibaca bersama, atau sendiri-sendiri dengan target pribadi? Coba share di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar