5 Wisata Sejarah Jepara Yang Bisa Kamu Kunjungi

07.00

Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah, Jas Merah Soekarno

Hai, apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kita hidup hari ini dan mungkin yang akan datang. Kehidupan kita yang sekarang tidak terlepas dari sejarah masa lalu. Bagaimanapun pahitnya, kita tidak boleh melupakan itu.

5 wisata sejarah jepara

Wah, kenapa tiba-tiba saya sok bijak dengan membahas sejarah padahal bukan hari pahlawan? 21 April yang diperingati sebagai Hari Kartini juga besok bukan hari ini. Ada yang penasaran?

Well, saya masih mengikuti BPN Ramadan 2021. Nah kali ini Tema ke-8 di Minggu Kedua adalah Top 5 Tempat Liburan Favorit. Berhubung besok Hari Kartini dan saya lahir serta masih tinggal di Kota Jepara, saya akan bercerita tentang Wisata Sejarah di Jepara. Bukan favorit memang, hanya untuk informasi bahwa tempat ini menarik untuk dikunjungi.

5 Tempat Wisata Sejarah di Jepara


tempat wisata sejarah di jepara

  • Masjid Mantingan
Masjid Mantingan itu masjid kuno Indonesia yang terletak di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Masjid ini mempunyai gaya arsitektur campuran dari kebudayaan Hindu-Buddha, Tionghoa, dan Jawa. Unik kan? Ada gitu satu bangunan dengan gaya campur dan sangat menarik.

Masjid Mantingan ini sering jadi kunjungan wisata religi bagi orang Jepara dan luar kota. Selain bangunan masjid, di sini ada komplek Pemakaman Ratu Kalinyamat dan suaminya, Sultan Hadlirin, serta kerabat. Lalu ada museum sederhana dan juga petilasan candi yang sudah tidak utuh lagi.

Fyi, jika kamu hanya tahu pahlawan wanita Jepara itu Kartini, sebenarnya ada 2 lagi wanita tangguh yang luar biasa. Tugu Puteri Jepara, patung 3 pejuang wanita Jepara yaitu Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, dan Kartini. Silakan searching sendiri kehebatan mereka.

  • Pendopo Kabupaten Jepara
Dulu, pendapa itu dijadikan kantor pemerintahan Kadipaten Jepara juga tempat tinggal Adipati Jepara. Sekarang Pendopo Kabupaten Jepara hanya jadi tempat pertemuan dan tempat wisata. Kenapa?

Ya soalnya dulu di sanalah Kartini tinggal sebelum menikah dengan Bupati Rembang Raden Adipati Joyodiningrat. Di sana ada Sekolah Kartini, Ruang Pingitan Kartini, Kamar Tidur Kartini, Ruang Keluarga dan lainnya. Jika kamu ingin ke sana, izin saja untuk melihat bagaimana tempat Kartini di masa lalu.

  • Museum Kartini
museum kartini

Jika Pendopo Kabupaten Jepara sebagai tempat tinggalnya Kartini, maka di Museum Kartini ini ada potret juga beberapa barang peninggalannya. Di sini kita akan disuguhi potret keluarga, teman-teman juga putra semata wayang Kartini.

Ada beberapa keramik, kursi dan meja, dan juga barang-barang sejarah yang ditemukan di Jepara. Lokasinya sendiri masih dekat dengan Pendopo Kabupaten Jepara. Jadi jika berkunjung bisa sekalian saja jalan ke Alun-alun atau Masjid Agung Baitul Makmur Jepara yang adalah masjid tertua di Kabupaten Jepara.

  • Gong Perdamaian Dunia
Gong Perdamaian Dunia atau World Peace Gong ini digagas oleh Presiden Komite Perdamaian Dunia, Djuyoto Suntani sebagai simbol perdamaian dunia yang melambangkan kerukunan umat beragama di seluruh dunia. Museum Gong Perdamaian Dunia Jepara ini terletak di Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Kenapa di sana?

Soalnya di Desa Plajan ini ada 3 agama yang tumbuh rukun dan damai yaitu agama Islam, Hindu, dan Kristen. Gong Perdamaian Dunia ini pertama kali diluncurkan setelah kejadian Bom Bali tahun 2002. Gong Perdamaian juga telah ditempatkan di 202 negara di seluruh dunia. Di Plajan sendiri ada beberapa jenis Gong antara lain: Gong Perdamaian Nusantara, Gong Perdamaian Asia-Afrika, dan Gong Perdamaian Dunia.

  • Benteng Portugis
Sebagai penutup dari tempat wisata sejarah di Jepara ada Benteng Portugis yang terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo, Jepara. Bangunan benteng ini ada di bukit batu di pinggir laut dan persis di depannya Pulau Mandalika.

Sesuai namanya, benteng ini memang dibangun oleh Bangsa Portugis pada tahun 1632, di masa Sultan Agung memerintah Kerajaan Mataram. Hasil perjanjian gitu deh. Tujuan dibangunnya benteng ini yaitu sebagai pusat pertahanan dan menjaga lintas pelayaran dari ancaman VOC (Belanda). Biasalah, zaman dulu Mataram sedang berseteru dengan VOC.

Selain berwisata sejarah, saat mengunjungi Benteng Portugis kamu juga bisa bermain di pantai berpasir hitam yang ada di dekatnya. Jika berani, bisa juga menyeberang ke Pulau Mandalika dengan perahu nelayan. Bisalah buat bersantai sejenak.

Sebenarnya ada lagi beberapa tempat bersejarah di Jepara yang bisa dikunjungi. Misalnya saja Candi Angin yang terletak di desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Lumayan dekatlah dengan Benteng Portugis. Bedanya yang satu ke laut sementara Candi Angin ke arah gunung.

desa wisata tempur

Namun saya memang tidak ikut merekomendasikan Candi Angin ditulisan ini karena akses ke sana tidak mudah. Kita harus melakukan pendakian terlebih dahulu sekitar 1-2 jam. Jadi tempat ini cocoknya untuk pecinta alam. Kamu bisa ke desa Wisata Tempur, tapi bukan ke Candi Angin-nya. Boleh banget menikmati kopi asli sana yang enak.

Sampai di sini dulu cerita saya tentang 5 Tempat Wisata Sejarah Jepara Yang Bisa Kamu Kunjungi. Kapan-kapan saya akan cerita lagi. Mungkin soal pantainya. Tunggu saja!

You Might Also Like

0 komentar