Rumah Maya Yang Nyaman Dikunjungi

07.00

Home sweet home. Rumah bukan hanya tempat pulang, tapi dia juga tempat untuk tinggal

Hai, saya kembali. Beberapa waktu lalu saya iseng membuat gambaran ruangan dalam rumah gara-gara lihat desain rumah Tetangga yang kurang oke menurut saya. Namun saya tidak akan cerita sekarang karena saat ini saya mau bercerita tentang Blog, Sebuah Rumah Maya.

blog rumah maya

Kali ini masih dalam rangka mengikuti BPN Ramadan 2021 yang membahas Blog. Kemarin saya sudah memberikan filosofi nama Blog lewat Perempuan Unik, Limited Edition Girls. Lalu alasan mulai ngeblog di tulisan Buat Blog Lagi, Untuk Apa? Tema hari ketiga adalah Harapan Terbesar Untuk Blog Kamu.

Jika dua hari kemarin membahas khusus Blog Perempuan Unik, maka kali ini saya membahas harapan untuk blog secara umum. Jadi semua anak-anak saya ikut di dalamnya.

Selain menganggap Blog adalah anak, saya juga menyebutnya sebagai Rumah Maya. Ya karena kita berada di Dunia Maya. Penting bagi seseorang yang memutuskan berada di dunia Blogosphere untuk punya rumah yaitu Blog atau website personal. Untuk sosial media, mereka adalah jendela dan pintu.

Karena itu, saya selalu berusaha membuat Rumah Maya Yang Nyaman Dikunjungi. Seperti bangunan rumah sesungguhnya. Lalu, apa sih yang membuat rumah jadi nyaman untuk dihuni bahkan dikunjungi?

Saya bukan seseorang yang betul-betul pro di dunia blog. Jadi ini hanya gambaran kenyamanan versi saya sendiri. Patokan jelas ada. Namun semua bukan saya yang menentukan.

Pertama, dari segi tampilan Blog. Dulu saya suka sekali template yang berwarna, apalagi hijau. Setelah lama ngeblog dan ada komentar ini itu tentang tidak nyamannya warna yang ada di postingan, akhirnya saya sadar bahwa warna netral lebih ramah di mata. Biasanya putih atau pastel. Pemilihan huruf dan warna tulisan juga berpengaruh.

Untuk template, pilihlah yang responsif yaitu bisa punya tampilan yang sama meski dibuka di berbagai macam perangkat. Bagi saya ini termasuk penting. Blogspot sendiri sudah menyediakan dan cukup oke. Jika punya uang, bisa juga beli template agar berbeda dengan Blog lainnya.

Kebersihan blog juga penting. Misalnya tidak memasang widget macam-macam karena justru itu memberatkan loading. Tidak munafik bahwa saya pernah ada di masa coba-coba seperti itu. Lebih baik pasang sesuatu yang penting saja seperti sosial media kita. Jika punya iklan, letakkan normal saja. Jika mengganggu, justru Pengunjung akan kabur. Menurut saya, itu catatan untuk tampilan blog. Tolong beritahu jika ada hal dasar yang saya lupa.

Content is King. Konten adalah raja

Karena berada di dunia Maya, bagi Blogger namanya konten berupa tulisan itu penting sekali. Namanya juga ngeblog, jadi Penulis harus kuat di tulisan. Kita harus mau belajar EBI dasar agar tulisan kita enak dibaca, tidak salah ketik dan lainnya.

Lalu konten apa yang harus ada di blog kita?


Sebenarnya kembali ke masing-masing Pemilik maunya Blog di bawa ke mana. Satu blog saya sudah pasti di ulasan Drama dan Film karena saya memang menyukai hal itu. Dua blog lain termasuk Perempuan Unik, masih sangat abu-abu. Suka-suka dan semampu saya untuk posting.

Yang paling saya catat selama ngeblog adalah, tulislah hal-hal yang menarik, yang sesuai dengan dirimu, yang paling kamu kuasai

Bukankah lebih mudah menulis jika kamu memang tahu apa yang kamu tulis? Setuju kan? Misalnya kamu suka K-Pop, maka tulislah hal-hal yang berbau Boyband, Girlband, atau tangga lagu. Jika kamu suka memasak, bisa share resep atau tips memasak. Suka jalan-jalan backpacker? Tulis saja cara berburu tiket murah dan cerita perjalanan. Hal seperti itu bisa kamu tulis.

Saya baru ngeblog, masih bingung mau menulis apa?

Dulu saya menulis keseharian simpel atau apa yang terjadi di sekitar dengan tetap menjaga kesopanan. Anggap saja Blog ini diary online. Jika sudah terbiasa menulis, nanti kamu akan menemukan jalanmu, gaya dan keunikanmu sendiri.

Saya tahu, Blog ini belum benar-benar jadi Rumah Maya Yang Nyaman Dikunjungi. Namun saya tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Pembaca. Belajar tentang dunia Blog tidak akan ada habisnya seperti teknik SEO atau memahami kata kunci, peringkat dan lainnya. Apalagi algoritma Google selalu berkembang dan berubah.

Menjadikan Rumah Maya Yang Nyaman Dikunjungi butuh perjuangan dan proses panjang. Saya harap bisa terus bertahan di Blogosphere dan bisa jauh lebih baik lagi. Bagaimana denganmu?

You Might Also Like

0 komentar