Lakukan 5 Hal Ini Saat Jenuh

07.00

Maaf, aku jenuh padamu
Lama sudah kupendam
Tertahan di bibirku
Mauku tak menyakiti
Meski begitu indah
Ku masih tetap saja, jenuh....
~Jenuh - Rio Febrian

Hai, apa kabar? Semoga tetap sehat dan bahagia ya! Eh, atau ada yang sedang mengalami kejenuhan dengan aktivitas selama pandemi ini? Em, apa yang sebaiknya kita lakukan untuk mengatasi kebosanan?

inspirasi saat jenuh

Saya kembali masih dengan challenge dari BPN Ramadan 2021 Tema ke-11 Minggu Kedua yaitu Sumber Inspirasi Saat Jenuh. Bohong ya kalau kita tidak pernah merasa jenuh. Jenuh dalam KBBI bisa diartikan dengan jemu atau bosan. Saya sih mikirnya ke keseharian kita yang kadang itu-itu saja. Eh tapi saya enggak pernah bosan saat rebahan, hehehe.

Saat Jenuh, Lakukan 5 Hal Ini


Oh iya, ini bukan tips. Hanya ide dari apa yang saya lakukan saat jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Yuk lanjut:

  • Bermain Dengan Anak Kecil
Saya suka anak kecil, usia batita atau balita gitulah karena lumayan seru diajak main. Di usia mereka itu pikirannya polos, tanpa dosa. Lihat mereka saja sudah bikin adem. Sumber inspirasi apa nih main sama anak kecil?

Ya, sejenak kita bisa melupakan masalah-masalah hidup. Anak bisa jadi guru buat kita. Dari mereka kita akan banyak belajar, menemukan inspirasi. Misalnya mencari jawaban sederhana kenapa bintang itu adanya saat malam hari.

  • Ngobrol Dengan Tanaman atau Hewan Peliharaan
Jika tidak menemukan anak kecil di sekitarmu, tak masalah karena kita bisa ajak ngobrol Tanaman atau Hewan Peliharaan. Sebenarnya saya tidak tahu pasti, tapi saya percaya bahwa mereka bisa paham apa yang kita lakukan atau ucapkan.

Misalnya memuji Bunga hias, maka mereka akan tumbuh dengan baik. Kita juga bisa memberi tahu kucing agar di luar rumah jika poop. Ya bahasa sederhana saja karena tujuan kita buat main dan melepaskan beban pikiran yang membuat jenuh.

  • Bermain Game
Kalau ini, anak zaman sekarang sih. Dulu saya suka nge-game, tapi sekarang hanya main jika jenuh. Kenapa? Soalnya saya bisa terlalu asyik bermain dan lupa waktu. Jadi memilih opsi ini hanya jika tidak menemukan hal lain. Jangan sering-sering pokoknya.

Sebenarnya selain game online atau permainan dengan ponsel dan laptop, bersama anak-anak kita bisa bermain permainan tradisional. Banyak yang masih oke untuk dimainkan. Seperti masak-masakan, petak umpet, kelereng, dan lain sebagainya.

  • Mencuci Baju
Jika jenuh melanda, salah satu hal untuk membuangnya adalah dengan mencuci baju. Di sini mencucinya dengan tangan ya, bukan mesin. Jadi sambil menunggu rendaman, kita bisa mencari inspirasi. Lalu sambil mencuci juga bisa olahraga. Otak berpikir iya, badan bergerak juga. Jadi dobel keuntungannya, hehehe.

  • Istirahat
Dan saat semua kejenuhan memuncak, maka istirahatlah. Tidur dengan cukup, makan makanan sehat dan bergizi. Jangan lupa olahraga. Mari tetap jaga kesehatan fisik juga mental.

Saat pikiran dan badan kembali sehat, kita bisa beraktivitas seperti biasa. Dalam waktu ini, inspirasi akan muncul bahkan hanya dengan melihat sekeliling kita. Tinggal kitanya sih mau menangkap itu atau tidak.

Nah itu saja cerita dari saya saat mengalami kebosanan. Kalian sendiri apa yang dilakukan sebagai sumber inspirasi saat jenuh? Share di sini yuk!

You Might Also Like

0 komentar