Pada Hari Minggu

09.00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Jum'at Berkah! Lha terus kenapa judulnya Pada Hari Minggu?

Jadi, BPN 30 Day Blog Challenge, kali ini bertema Kenangan Masa Kecil. Karena sudah lama, saya lupa-lupa ingat tentang masa saat saya anak-anak. Tapi ada hari khusus yang tidak saya lupa yaitu Hari Minggu.

Apakah ikut Ayah ke kota naik delman?

Pixabay

Tidak. Tapi Minggu adalah waktunya untuk mencuci baju, main, dan nonton kartun. Tahun 90-an dan awal 2000 adalah masa jayanya kartun. Setiap Minggu hampir saya tak melewatkan kartun yang ada di TV. Kadang saya juga main jika pekerjaan rumah saya sudah beres.

Bagaimana dengan mencuci baju?

Orangtua saya punya 5 anak. Dari kecil kami diajarkan mencuci baju sendiri. Pokoknya bersih atau tidak ya urusan sendiri. Kadang Ibu saya bantu cuciin seragam jika saya terlalu sibuk di sekolah.

Dulu ketika ingin air, kita harus nimba di sumur. Mandi, masak, nyuci, semua harus nimba. Saat malas, saya memilih pergi ke sungai di belakang rumah.

Pixabay

Sungai yang dulu bersih dan airnya banyak. Jika hari Minggu pasti sangat ramai. Kadang ya kita kudu antri batu buat nyuci. Dari Subuh tuh sudah ada orang di sana.

Selain mencuci, mandi, saat di sungai saya juga main-main. Kadang pura-pura berenang sampai kulit berkerut. Kadang maskeran pakai tumbukan pucuk daun jambu biji. Setengah jam harusnya sudah beres, tapi bisa lebih karena banyak mainnya. Jika sudah begitu, kadang saya bawa bekal nasi dan minum.

Sungai di bawah sana

Makan di sungai tuh asli sedap sekali. Duduk santai di bawah pohon randu. Makannya juga simpel, nasi, tempe dan sambal. Nanti kalau masih ada sedikit nasi, saya taruh di air dan ikan-ikan berdatangan. Kadang saya hanya melihat, kadang saya tangkap juga lalu dibawa pulang.

Setelah lelah, saya pulang ke rumah dan ini adalah perjuangan. Jalan dari sungai ke rumah itu naik. Badan basah, membawa baju basah, nanjak, rasanya kehabisan napas. Tapi itu semua cukup menyenangkan.

Begitulah kenangan saya Pada Hari Minggu. Sekarang saya sudah tidak melakukan itu. Saya mencuci di rumah tapi sesekali jalan ke sungai juga. Bagaimana denganmu?

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com