Perempuan Unik

Cerita Lain Aku dan Kamu

Diberdayakan oleh Blogger.

Ide Kegiatan Saat Puasa

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Tidurnya Orang Puasa adalah ibadah

Siapa yang masih menganut hadist itu? Iya betul. Tidur memang bernilai ibadah, tapi alangkah baiknya kalau kita juga berkegiatan selama menjalankan ibadah puasa.

Puasa di masa pandemi ini memang jadi cerita yang sedikit berbeda. Jika dulu anak-anak tetap sekolah tapi pulang lebih awal, kini anak-anak belajar di rumah meski seperti perang dunia. PRnya adalah bagaimana kita bisa tetap menjaga moodnya agar tetap semangat berpuasa.

Lalu, ide kegiatan saat puasa kira-kira apa saja ya?

Freepik

  • Belajar
Tetap menurut saya anak-anak harus belajar meski jamnya sedikit. Keponakan saya sendiri tidak terlalu banyak tugas online. Jadi belajar semaunya dia deh.

  • Buat Kreasi
Setelah belajar, kadang kita buat kreasi apa saja. Seperti ide membuat bunga atau menggambar.

  • Bantu Masak
Keponakan saya suka lihat orang masak. Jadi Ibunya suka mengajak dia membuat menu berbuka entah minuman atau camilan simpel. Kadang dia juga menggoreng sendiri apa yang ingin dia makan saat berbuka.

  • Bersih-bersih
Kegiatan ini bisa jadi hal menarik jika dilakukan bersama. Katakanlah mencuci sandal atau menyapu. Jadi anak-anak terbiasa melakukan pekerjaan rumah.

  • Tadarus
Keponakan saya sudah bisa membaca Alquran. Jadi kadang saya mengajaknya ngaji. Memang enggak sampai satu juz. Hanya surat-surat pendek. Yang penting dia terbiasa membaca Alquran

Kurang lebih itu ide kegiatan saat puasa yang saya lakukan dengan Keponakan. Kadang juga ditambah kegiatan seru bersama keluarga. Intinya sih harus tetap bergerak, ada kegiatan dan enggak tidur saja biar puasanya makin berkah. Kalian sendiri punya kegiatan apa selama puasa? Feel free to share ya!

Tidak ada komentar