Lebaran Hemat Saat Pandemi

07.00

Bismillahirrahmanirrahim....

Pandemi seperti ini adalah saat yang prihatin. Bagaimanapun keadaannya, paling tidak ada 3 hal yang disyukuri saat berpuasa di tengah pandemi. Dan akhirnya kita akan menuju Idul Fitri.

Freepik


Sebenarnya Perayaan Idul Fitri itu bukan sesuatu hal yang wajib. Biasanya sih ada solat Idul Fitri di Masjid, Takbir Keliling, ada yang mudik lalu berkumpul dan saling maaf memaafkan. Tapi karena sedang ada Covid-19, semua rencana tinggal rencana. Kita sebaiknya lebaran di rumah saja.

Sebenarnya saya tidak pandai membuat Tips Hemat Lebaran Saat Pandemi. Jadi ini hanya menghemat versi saya ya, yang antara lain:

  • Mendahulukan Kebutuhan daripada Keinginan
Freepik

Meski terbiasa bekerja dari rumah, tapi sekarang akhirnya terasa juga dampak dari adanya Corona yaitu dengan adanya penundaan pembayaran. Padahal uangnya buat bekal selama lebaran. Dan karena belum tahu kapan Pandemi akan berakhir, saya lebih berusaha ikhlas. Toh saya jauh lebih beruntung masih ada pekerjaan.

Jadi mari mendahulukan apa yang benar-benar dibutuhkan. Tak ada baju baru. Saya butuh sepatu tapi tidak sekarang karena belum ada rencana bepergian. Lalu keinginan beli Lipstik ya ditunda dulu karena sekarang kan pakai masker. Ya harus lebih baik deh dalam mengelola keuangan.

  • Tidak Membeli Bahan Makanan yang Tak Tahan Lama
Hal yang saya lakukan lainnya adalah membeli bahan makanan yang tahan lama seperti telur atau ikan yang bisa ditaruh di freezer. Saya menghindari membeli Tempe. Lebih baik Tahu saja karena bisa tahan cukup lama. Itu berlaku juga pada sayuran. Seperti Kangkung itu harus langsung diolah. Kalau ingin stok, mungkin Kubis, Wortel, atau bisa juga membuat Food Preparation.

Freepik

  • Beli Bumbu Masak Jauh-Jauh Hari
Karena banyak masak sendiri daripada beli, maka bumbu dapur itu wajib adanya. Tak perlu sedia banyak rempah, secukupnya saja. Bawang-bawangan dan Cabai itu harus ada. Masalahnya, jelang lebaran itu harga sering naik. Makanya baiknya beli Bumbu di jauh-jauh hari di mana harga jauh lebih stabil. Jangan lupa, untuk Bawang-bawangan itu simpan di luar kulkas ya!

  • Beli Camilan Secukupnya
Lebaran, ada makanan ringan atau kue lebaran dong?! Enggak juga sih. Tahun ini saya pikir untuk lebih mengurangi budget untuk camilan. Toh sedang physical distancing kan. Enggak berharap ada tamu. Jadi beli secukupnya saja.

  • Masak Secukupnya
Menyiapkan menu khas lebaran juga baiknya secukupnya saja. Saya pikir 1-2 menu itu cukup dan baiknya jangan melebihi porsi anggota yang ada di rumah. Kalau sampai terlalu banyak, alamat deh makan menu yang sama sampai 2-3 hari. Asli, pertengahan puasa ramadan ini saya mengalami itu dan bosan juga.

Kalian enggak harus mengikuti tips hemat dari saya karena tiap orang punya caranya sendiri untuk prihatin dalam hidup. Intinya sih, mari tetap berhemat meski pandemi telah berlalu. Jangan terlalu banyak gaya meski keuangan melimpah. Jangan lupa untuk membantu sesama juga.

You Might Also Like

0 komentar

You can call me Pu |@perempuanunik | unikperempuan@gmail.com