Blogspot Untuk Blogger Pemula

07.00

Berada di sini, bertahan sejauh ini di dunia Blogosphere, bagi saya adalah hal luar biasa. Karena itu, mungkin akan ada pertanyaan, Kenapa Memilih Platform Blog yang Digunakan Saat Ini?

Masuk ke dunia Blogosphere sebenarnya tidak sengaja. Waktu itu saya random memilih teman FB dan kebetulan ada yang ngeblog. Saya hanya pembaca, tidak banyak interaksi. Saya belajar otodidak dan berkenalan dengan Platform Blog. Saya merasa Blogspot cocok untuk Blogger Pemula seperti saya yang jarang otak atik komputer karena tidak punya.

alasan blogspot cocok untuk blogger pemula

Blogspot itu Gratis. Jika mau belajar jadi profesional, bisa pasang custom domain tanpa hosting. Kita akan numpang di Google. Jadi soal keamanan dan update lain, semua mengikuti aturan Google.

Lalu, pernahkah berpaling ke Platform Blog lain?

Tentu saja pernah. Namanya baru jadi Blogger, saya pun coba ini dan itu. Salah satunya adalah Multiply yang sayangnya sekarang sudah bangkrut. Saya tidak memindahkan apa-apa karena baru beberapa tulisan pendek saja.

Saya juga bergabung dengan Wattpad meski ini bukan Platform Blog. Lebih ke membuat karangan, puisi karena tujuan awal saya memang ingin mengembangkan kemampuan menulis fiksi. Saya sudah tidak menulis di sana, tapi kadang sesekali membaca cerita yang ada.

Lalu saya coba Wordpress. Saya menulis di sana dan blognya juga masih ada. Sayangnya, saya merasa kesulitan dengan menu-menunya. Jadi saya ke sana hanya sesekali. Mau dibelikan domain biar semangat ngeblog, eh ternyata saya merasa belum mampu membayarnya.

Jadi setelah mencoba beberapa Platform Blog, saya mantap untuk bertahan dengan Blogspot. Memang tidak ada yang sempurna, termasuk di sini. Namun ya saya nyaman dan merasa mampu untuk mengurusnya. Meskipun tetap saja saya harus belajar banyak. Site Audit belum juga lulus.

Tak menutup kemungkinan saya tetap akan mencoba selain Blogspot. Namun untuk sekarang, saya akan setia di sini. Kalian sendiri bagaimana? Apa alasan untuk bertahan di Platform Blog yang sekarang? Coba share ceritanya di kolom komentar ya!

You Might Also Like

0 komentar