Agenda Sebelum Lebaran

07.00

Ramadan menuju akhir, apa yang kamu lakukan?

Akhirnya kita berada di penghujung Challenge #BPNRamadan2022 dan menuju Idulfitri. Semangat untuk kita semua! Di postingan kali ini, saya akan menutup dengan cerita Agenda Sebelum Lebaran.

Berhubung saya belum ada rencana mudik karena masih di kota sendiri, maka kegiatan saya sebelum lebaran itu ya di rumah saja. Sebenarnya hari ini saya ada rencana ke kota Jepara untuk beli jajan dan lain-lain. Ya buat persiapan dan bekal nanti. Yang pasti, beras untuk Zakat Fitrah harus sudah siap jauh-jauh hari.

kegiatan sebelum lebaran

Sebelum itu, saya sudah mencuci pakaian. Jadi saat lebaran nanti, baju kotor tidak numpuk. Terus kalau Idulfitri pergi-pergi, jadi lebih tenang. Oh iya, rumah juga dibersihkan. Belum ada rencana ngecat karena masih tembok bata merah. Ya rumah biasa ala orang desa.

Agenda Sebelum Lebaran dari saya hanya itu. Agak berbeda dengan Ibu saya. Biasanya Ibu bikin lontong dan lauk lalu dibagikan ke Adik Mbah yang masih ada 5 orang. Tahun ini beda, Ibu saya tidak buat. Enggak ada lontong untuk lebaran. Katanya malas. Ya sudah wong saya juga kurang suka makan lontong.

Rencananya, Ibu masak untuk kami sendiri dan beberapa untuk dikirim ke rumah Mbah. Makdhe saya biasanya dikasih juga, tapi nanti diberi bahan mentah saja untuk diolah sendiri. Siapa tahu sudah bikin lauk lain.

Oh iya, karena di rumah ada ternak, jadi urusan makan mereka juga ada bagian tersendiri. Biasanya Ibu saya nyari rumput untuk pakan. Jelang lebaran seperti ini, Bapak biasanya beli ke daerah Bangsri.

Rumput saja beli?

Iya, rumput pakan ternak. Biasanya beli Rumput Gajah atau Pohon Jagung. Setahu saya sih itu. Rumput Gajah sendiri saja punya jenis yang berbeda. Pokoknya makanan mereka harus aman biar lebaran bisa santai dan enggak nyari rumput.

Sepertinya Agenda Sebelum Lebaran yang utama dari saya hanya itu. Hal-hal kecil lain jelas ada, yang penting sih persiapannya. Sebenarnya sedih juga karena Ramadan telah usai. Semoga tahun depan kita bisa berjumpa lagi dan jadi pribadi yang lebih baik. Amin....

You Might Also Like

0 komentar