Merindu Saat Ramadan

07.00

Ramadan terus berjalan. Masihkah ada hal-hal yang Ingin dilakukan saat bulan puasa?

Tentu saja ada. Ramadan punya sejuta cerita. Jika kemarin saya cerita buka puasa saat sekolah dan menu sahurnya, maka ada hal lain yang saya rindu. Apa itu? Ngaji di bulan Ramadan.

Di dua tempat ngaji saya dulu, kegiatan Ramadan tidak jauh berbeda. Kami akan ngaji dengan kitab tertentu yang diselesaikan saat bulan suci. Kebanyakan pembahasan tentang kehidupan, ada juga adab pernikahan dan lainnya.

hal yang ingin dilakukan saat bulan puasa

Ketika sudah tidak berada di sana, saya terpikir untuk ikut ngaji lagi hanya di saat Ramadan. Keinginan ini sudah lama ada, tapi waktu itu saya bekerja. Jadi rasanya kurang memungkinkan.

Sekarang, ngaji jadi hal yang saya rindukan lagi. Saya belum tahu ponpes mana yang menerima santri musiman seperti saya. Hal lain yang saya pikiran adalah usia yang bukan lagi remaja. Entah mengapa saya belum siap dengan pertanyaan kenapa belum menikah dan malah pergi ngaji?

Apakah keuangan saya sudah cukup untuk bekal? Apakah saya bisa steril dari ponsel padahal pekerjaan saya ada di sana? Bagaimana jika di pesantren tidak mengizinkan memakai HP? Apakah saya bisa memenuhi syarat yang sudah saya lakukan dulu?

Saya hanya merindu saat ngaji, tanpa syarat dan ketentuan. Namun sekarang, mungkin saya belajar bukan di tempat seperti itu lagi. Saya bisa belajar di tempat lain, bukan hanya menunggu Ramadan tiba.

Buat kamu yang masih muda, masih sibuk belajar di sekolah, nikmatilah masa-masa itu. Saya tahu itu tidak mudah. Mengerjakan PR, tugas sekolah, tapi juga ingin bermain bebas. Percayalah, menjadi dewasa juga tidak semenyenangkan kelihatannya. Kelak, Kalian akan merindukan saat itu dan ingin kembali.

Menjadi dewasa dan lebih realistis. Mungkin ini hanya kenangan. Mungkin ini hanya keinginan kecil. Mungkin suatu hari nanti, itu akan terwujud. Siapa juga yang tahu.

Ramadan bulan yang baik dan berkah. Semoga keberkahan itu akan mengikuti sepanjang hidup kita ini. Bagaimana dengan Kalian? Apa yang dirindu saat puasa tiba?

You Might Also Like

0 komentar